, , ,

10 makanan terbaik yang dapat meningkatkan imunitas tubuh

by -37 views
10 makanan terbaik yang dapat meningkatkan imunitas tubuh
10 makanan terbaik yang dapat meningkatkan imunitas tubuh

Memilih makanan yang bergizi tinggi dapat meningkatkan imunitas tubuh. Disaat sedang terjadi pandemi seperti Covid-19 sekarang ini, sistem kekebalan tubuh menjadi perisai utama agar kita bisa tetap sehat. Cara menjaga daya tahan tubuh selain olah raga dan tidur teratur adalah dengan makan-makanan yang bergizi tinggi. Mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi tinggi terbukti efektif dapat meningkatkan imunitas tubuh. Berikut ini 10 makanan pilihan terbaik yang dapat meningkatkan imunitas tubuh supaya tidak mudah terserang penyakit apalagi saat sedang terjadi pandemi saat ini.

10 makanan terbaik yang dapat meningkatkan imunitas tubuh

1. Brokoli

10 makanan terbaik yang dapat meningkatkan imunitas tubuh
10 makanan terbaik yang dapat meningkatkan imunitas tubuh

Makanan berwarna hijau yang kaya serat ini mengandung nutrisi tinggi dan dapat meningkatkan imunitas tubuh anda. Brokoli mengandung Vitamin C yang cukup tinggi dan beberapa mineral yang dapat memperlancar metabolisme tubuh. Kebanyakan orang mengolah brokoli dengan cara merebus nya kedalam air mendidih. Disarankan untuk tidak berlama-lama merebus brokoli di dalam air mendidih karena kandungan vitamin C nya dapat larut ke dalam air. Cara terbaik selain merebus brokoli adalah dengan cara mengukusnya, dengan begitu kandungan vitamin nya tidak akan terbuang percuma.

2. Bayam

Jenis-Jenis Tanaman Anggrek

Sayuran murah ini ternyata sangat ampuh untuk meningkatkan kekebalan imun tubuh. Bayam mengandung banyak sekali jenis nutrisi seperti Vitamin A, C, dan K yang dapat menguatkan imun tubuh secara efektif. Anda bebas mengolah makanan ini sesuai selera seperti dijadikan sup atau dicampur dengan makanan sehat lainnya.

3. Jamur

Di dunia ini ada banyak sekali macam jamur yang dapat kita temui di alam bebas. Beberapa diantaranya termasuk beracun dan tidak dapat dimakan, namun beberapa jenis nya lagi sangat baik dan bisa bermanfaat untuk meningkatkan imun tubuh. Sebut saja jamur matsutake, Reishi, dan Maitake yang mengandung molekul polisakarida terutama kandungan beta glucannya. Jamur yang bernutrisi tinggi seperti shitake mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh manusia sehari-hari. Selain vitamin dan mineral, terdapat juga kandungan enzim yang bermanfaat untuk menghasilkan penyerapan makanan di usus yang lebih sehat.

4. Stroberi

Bentuknya yang imut dan baunya yang menggoda bisa menjadi daya tarik sendiri bagi sebagian orang untuk makan buah stroberi. Stroberi memang memiliki rasa yang kecut, namun manfaat kesehatannya sangat banyak bagi tubuh manusia. Stroberi mengandung senyawa antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas, senyawa ini berasal dari anthocyanidins dan vitamin C yang multi fungsi. Vitamin C dikatakan multi fungsi karena fungsi nya yang ganda di dalam tubuh. Vitamin C atau yang disebut dengan asam askorbat ini selain berfungsi sebagai mikronutrisi juga bisa berfungsi sebagai antioksidan penangkal radikal bebas yang larut dalam air.

5. Jeruk

Ada banyak sekali jenis jeruk saat ini yang beredar dipasaran, namun rata-rata mengandung nutrisi tinggi seperti Vitamin C. Setiap orang mempunyai sel darah putih di pembuluh darah yang perannya untuk memerangi infeksi. Makan buah jeruk secara teratur dapat meningkatkan produksi sel darah putih yang fungsi nya juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Selain vitamin C, buah jeruk juga mengandung beberapa mineral penting seperti Kalium yang dapat menjaga tekanan darah anda supaya tetap normal. Menjaga tekanan darah supaya tetap normal juga sangat bagus untuk kesehatan jantung anda. Selain terbukti bisa meningkatkan imun tubuh secara efektif, jika anda sedang batuk atau radang tenggorokan maka juga bisa disembuhkan dengan makan buah jeruk.

6. Jahe

Jahe terkenal akan khasiat kesehatannya yang mampu memberikan efek anti inflamasi. Makanan yang paling enak dikonsumsi dengan cara diseduh dengan air hangat ini dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh secara efektif. Selain anti inflamasi, jahe juga bisa berfungsi sebagai antioksidan yang kuat. Cara meminum terbaiknya adalah dengan menggunakan air hangat tanpa tambahan gula bagi anda yang menderita diabetes. Namun bagi anda yang tidak, maka anda masih bisa menambahkan susu dan sedikit gula untuk meningkatkan rasa yang lebih enak ketika diminum.

7. Blackberry

Blackberry mengandung senyawa flavonoid yang fungsinya dapat menangkal radikal bebas. Buah yang ukurannya kecil-kecil ini juga mengandung vitamin C, vitamin K, dan mangan yang dapat meningkatkan imun tubuh supaya lebih kebal dan tidak gampang sakit. Kandungan seratnya juga dapat memperlancar pencernaan makanan terutama dalam usus anda. Selain dikenal sebagai makanan yang dapat meningkatkan imun tubuh, blackberry juga bermanfaat sebagai nutrisi otak. Makan blackberry secara teratur dapat memperlambat penuaan dini pada sistem saraf pusat atau yang lebih dikenal dengan degeneratif.

8. Blueberry

Blackberry dan Blueberry bisa dibilang termasuk golongan buah di kelas yang sama karena kandungannya yang masih mirip-mirip. Blueberry mempunyai ukuran yang kecil dan bedanya dengan blackberry dapat dilihat dari kandungan senyawa antioksidannya. Blueberry merupakan makanan nutrisi otak terbaik karena mengandung senyawa anthocyanidins. Jika anda perhatikan lebih teliti, baik stroberi, blackbarry dan blueberry sama-sama mempunyai senyawa anthocyanidins yang berfungsi sebagai antioksidan. Namun tahukah anda kalau kandungan tertinggi anthocyanidin ditemukan hanya pada blueberry ? Dengan kata lain kandungan antiokidan yang super tinggi dapat anda temukan jika anda makan blueberry. Makan-makanan yang mengandung sumber antioksidan tinggi seperti blueberry dapat meningkatkan imun tubuh dan dapat mencegah terjadinya kerusakan sel secara dini.

9. Semangka

Buah yang menyegarkan ini paling enak dimakan terutama saat cuaca panas atau sebagai pencuci mulut saat makanan utama telah selesai dimakan. Tahukah anda kalau buah semangka mengandung banyak sekali nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh kita ? Semangka mengandung tinggi Vitamin A yang fungsi dapat menyehatkan mata dan juga bisa berfungsi sebagai antioksidan yang akan bereaksi di area lemak. karena vitamin A termasuk senyawa yang larut dengan lemak, hal ini tentu berbeda dengan Vitamin C yang hanya larut dengan air. Oleh karena itu jika anda ingin selalu mendapatkan imun tubuh yang kuat, makanlah makanan yang mengandung vitamin A dan C secara cukup setiap harinya. Buah semangka mengandung Vitamin A dan Vitamin C yang tergolong tinggi. Di setiap 100 gram semangka, anda akan mendapatkan asupan Vitamin A 569 IU dan vitamin C 8,1 miligram. Atau jika dipersentasi dalam angka kecukupan gizi harian berarti kandungan vitamin A nya sebesar 11% dan Vitamin C nya sebesar 13%.

10. Ubi

Jenis makanan terakhir yang terbukti efektif dapat meningkatkan kekebalan tubuh tidak lain adalah ubi. Di negara Indonesia, makanan ini dapat dengan mudah ditanam dan tumbuh dengan sangat subur. Anda bisa menemukannya di pasar-pasar dengan harga yang sangat terjangkau. Ubi mengandung provitamin A yang sangat tinggi. Seperti kita ketahui bahwa wortel juga mengandung provitamin A yang tinggi, namun terkadang harganya bisa sangat tinggi karena stok yang langka dipasar. Makan ubi dapat menggantikan asupan provitamin A yang sangat dibutuhkan tubuh. Dan yang lebih bagusnya lagi karena ubi termasuk buah yang mudah ditanam maka harganya cenderung stabil dipasar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *