, , ,

Cara menghindari penularan covid-19 yang efektif

by -131 views
Cara menghindari penularan covid-19 yang efektif
Cara menghindari penularan covid-19 yang efektif

Pandemi virus corona terus menjadi perbincangan hangat di sepanjang tahun 2020 ini. Bukannya malah membaik, namun semakin parah karena penularan yang super cepat dari orang ke orang lewat saluran pernapasan. Ada cara menghindari penularan covid-19 yang efektif meskipun vaksin nya belum ditemukan. Virus Corona sebenarnya tidak terlalu ganas jika dibandingkan dengan virus SARS yang terjadi pada tahun 2002 lalu karena angka kematiannya lebih rendah. Namun bukan berarti dapat di anggap remeh karena jika sudah parah sampai tahap pneumonia, maka juga dapat meregang nyawa. Agar tidak semakin menular ke lebih banyak orang, berikut ini beberapa tips ampuh cara menghindari penularan Covid-19 yang efektif.

Cara menghindari penularan covid-19 yang efektif

1. Pakai masker

Cara pertama yang harus dilakukan setiap orang saat sedang terjadi pandemi Covid-19 adalah wajib memakai masker. Tidak harus masker N95 yang dapat membuat susah nafas, masker biasa pun juga sudah efektif dapat mencegah penularan dengan catatan saat kedua orang bertemu harus sama-sama memakai masker. Kenapa keduanya harus sama-sama memakai masker baru bisa dikatakan efektif dapat mencegah penularan covid-19 ? Seperti kita ketahui bahwa ukuran virus sangat kecil, ukuran nya dapat dihitung dengan satuan nanometer. Jika memakai masker biasa yang bukan n95, maka yang terjadi sebenarnya adalah tetap dapat tembus. Namun jika semua orang secara kompak memakai masker, maka dapat mengurangi jarak lontar dari mulut ke hidung orang lain karena adanya penghalang lapisan masker itu sendiri.

2. Cuci tangan

Cuci tangan merupakan hal yang tidak boleh diabaikan terutama saat terjadi pandemi covid-19. Virus yang menempel di tangan kita memang belum akan bereaksi apa-apa. Namun biasanya secara tidak sadar kita sebagai manusia akan reflek ketika hidung atau wajah kita gatal, maka tangan secara spontan akan langsung menggaruk. Dengan demikian akan terjadi kontak antara virus yang ada ditangan berpindah ke wajah dan kemudian terhirup masuk ke hidung. Untuk menghindari hal ini, cuci tangan dengan sabun sesering mungkin sangat direkomendasikan demi mencegah terjadinya penularan virus covid-19.

3. Tutup mulut saat bersin dan batuk

Selain bagian dari tata krama orang timur, menutup mulut saat bersin juga merupakan cara pencegahan yang efektif agar virus corona tidak menyebar ke orang lain. Seperti kita ketahui orang yang terinfeksi virus corona dapat menular ke orang lain saat sedang bersin. Karena biasa kan hal baik ini demi kepentingan umum.

4. Jaga jarak

Menjaga jarak dengan orang lain termasuk teman dan saudara anda menjadi suatu keharusan agar penularan virus corona bisa di cegah. Menurut CDC dan berbagai penelitian, jarak aman ketika anda dekat dengan manusia lain adalah 2 meter. Dan perlu di ingat bahwa jarak 2 meter adalah jarak minimal, sehingga jarak yang lebih jauh lagi maka lebih baik.

5. Makan bergizi

Makan bergizi dapat memperkuat imun tubuh supaya tetap sehat. Tubuh membutuhkan nutrisi yang lengkap setiap harinya agar metabolisme tetap lancar. Pastikan tubuh anda selalu mendapatkan nutrisi yang lengkap mulai dari Karbohidrat, protein, lemak sehat, hingga vitamin dan mineral yang cukup setiap harinya. Hindari makan junk food karena miskin nurisi. Jenis makanan seperti ini hanya akan memberi rasa enak saat dimulut saja, namun akan menjadi tidak berguna bagi tubuh karena tidak ada gizinya.

6. Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut

Cara menghindari penularan covid-19 yang paling penting sebenarnya ada dibagian mata, hidung dan mulut. Karena ketiga tempat itulah yang merupakan gerbang masuknya virus corona saat ini. Hindarilah menyentuh mata, hidung dan mulut. Tangan merupakan sumber kuman karena banyak memegang benda seperti uang kotor dan benda lainnya. Virus corona juga dapat menempel ditangan anda secara tidak sadar, karena itu pastikan cuci tangan hingga bersih terlebih dahulu sebelum memegang bagian wajah anda.

7. Tidak berjabat tangan

Berjabat tangan merupakan kebiasaan yang umum bagi manusia untuk menunjukan persahabatan dengan teman atau relasi bisnis anda. Namun kebiasaan itu harus dihindari terutama saat sedang terjadi pandemi Covid-19. Meskipun terdengar sepele, namun tidak berjabat tangan saat pandemi dapat secara efektif mencegah terjadinya penularan yang meluas. Virus yang menempel ditangan orang dapat berpindah ke tangan anda jika anda melakukan jabat tangan. Jika sampai saat ini masih ada orang yang ingin berjabat tangan dengan anda, hendaknya langsung ditolak saja dengan sopan demi kebaikan bersama.

8. Segera ke rumah sakit bila alami gejala Covid-19

Jika anda merasa sakit terutama mengalami gejala terinfeksi covid-19 seperti demam, batuk kering, lemas, hingga sakit kepala, sebaiknya langsung ke rumah sakit untuk penanganan lebih lanjut. Anda akan mendapat perawatan yang lebih baik di rumah sakit dan juga dapat menghindari penularan terhadap orang lain terutama dengan orang dekat anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *