,

Jenis-Jenis Tanaman Hidroponik

by -17 views

Saat ini tanaman hidroponik menjadi salah satu pilihan menarik untuk bercocok tanam. Tanaman hidroponik sendiri bisa dipanen untuk memenuhi kebutuhan pribadi atau dijual kembali. Artikel ini akan membahas mengenai beberapa jenis-jenis tanaman Hidroponik.

Inilah beberapa pilihan jenis tanaman Hidroponik

Pada dasarnya jenis-jenis tanaman Hidroponik yang umum ditanam adalah sayuran. Sayuran tersebut mendapat nutrisi dari kotoran ikan dan nutrisi tambahan lainnya yang dialirkan melalui air dalam pipa. Aliran pipa tersebut akan mengalir kembali ke kolam ikan tadi.

Menggunakan media Hidroponik bisa menjadi pilihan budidaya sayuran yang praktis. Kamu bisa memenuhi kebutuhan makanan sendiri menggunakan cara ini. Selain itu, kamu juga bisa menjual sayuranmu ketika seluruh sayuran sudah layak dipanen.

Bayam

Bayam sudah banyak dibudidayakan menggunakan teknik Hidroponik. Sayuran ini sangat segar dan bisa tumbuh dengan subur dengan menggunakan media ini. Selain itu, kamu bisa menanamnya dengan mudah dan memanennua hanya dengan memetik daunnya saja.

Brokoli

Brokoli sendiri juga menjadi pilihan menarik untuk ditanam menggunakan Hidroponik. Tanaman ini umumnya memang hidup di datarang tinggi. Namun, dengan teknik yang tepat kamu bisa menanamnya sendiri di rumah menggunakan teknik Hidroponik ini.

Buncis

Buncis merupakan salah satu pilihan menarik untuk dibudidaya menggunakan media Hidroponik. Namun, tanaman yang terbiasa merambat ini harus ditopang dengan benar. Untuk itu, kamu harus menyiapkan kayu untuk menopang batang Buncis yang bisa tumbuh tinggi.

Cabai

Cabai sangatlah cocok dibudidayakan menggunakan media Hidroponik. Tanaman ini bisa hidup dengan mudah asalkan sudah disemai dengan benar. Kamu hanya perlu memastikan nutrisi pada media Hidroponik sudah mencukupi kebutuhan dari tanaman Cabai ini.

Kangkung

Budidaya Kangkung menggunakan media Hidroponik bisa menjadi pilihan yang tepat untuk pemula. Kangkung sendiri pada dasarnya merupakan sebuah tanaman air yang bisa hidup dengan mudah. Kamu hanya perlu memetiknya sesekali dan daun Kangkung akan bersemi kembali.

Sawi Hijau

Sawi Hijau merupakan salah satu jenis tanaman yang bisa hidup dengan mudah. Bahkan, banyak yang beranggapan bahwa Sawi Hijau bisa tumbuh lebih baik saat ditanam di media Hidroponik. Untuk itu, tidak ada salahnya mencoba menanam Sawi Hijau sendiri di rumah.

Selada

Selada merupakan tanaman yang saat ini sedang populer dibudidayakan menggunakan Hidroponik. Tanaman ini bisa tumbuh dengan subur dan lebih bersih saat di media Hidroponik. Selain itu, rasanya juga akan lebih segar dan nikmat saat menggunakan nutrisi alami.

Timun

Timun merupakan tanaman yang biasa hidup di daerah yang hangat. Kamu bisa membudidayakan tanaman ini menggunakan media Hidroponik dengan perawatan yang tepat. Pastikan kamu menanam Timun di tempat yang cenderung hangat dan memiliki cahaya ideal.

Terong

Terong juga menjadi salah satu tanaman yang bisa dibudidayakan di media Hidroponik. Yang perlu kamu perhatikan adalah, tanaman ini memiliki buah yang besar dan berat. Untuk itu, perhatikanlah media tanam yang kamu buat dengan membuat penyangga dari bambu.

Tomat

Tomat juga merupakan salah satu pilihan sayuran yang bisa ditanam menggunakan media Hidroponik. Sebelum menanamnya, pastikan kamu melakukan proses semai dengan baik. Dalam hal ini kamu juga harus menempatkan tanaman ini di cahaya terang agar hasilnya bisa maksimal.

Demikianlah artikel singkat, padat, dan jelas mengenai jenis-jenis tanaman Hidroponik. Semoga artikel ini bisa menjadi sumber informasi yang tepat untuk kamu yang hendak menanam menggunakan media Hidroponik. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *