,

Modal Bisnis Air Isi Ulang

by -39 views

Usaha depot air minum atau isi ulang kini sudah semakin banyak terdapat di berbagai daerah tempat tinggal kita. Berbicara tentang depot air minum ternyata usaha ini bisa sangat menguntungkan, dilihat dari perkembangan yang kini semakin banyak di berbagai daerah.

Jika kalian berminat untuk membuka usaha ini, harus mnegtahui terlebih dahulu poin-poin yang perlu diperhatikan, kenali jenis bisnis ini agar ketika kita terjun untuk memulai bisa mengatasi semua permaslahan yang dating. simak beberapa modal usaha bisnis air isi ulang dan poin yang harus dilakukan berikut:

Persiapan

Bisa kalian mulai dengan mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan:

  • Tempat
  • Alat-alat
  • Kendaraan
  • Karyawan jika dibutuhkan

Mempersiapkan tempat

Dengan membuat sebuah ruko atau toko/kios yang tentunya ini akan memakan biaya yang lumayan besar. Bila modal yang dimiliki kalian tidak banyak maka alternatif pilihannya adalah dengan menyewa sebuah ruko atau toko. Tapi jika kalian membuka usaha ini di rumah tentu akan lebih menghemat biaya.

Mempersiapkan alat-alat

Belilah mesin depot yang berkualitas, harganya pun bervariasi kalian tinggal pilih sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan. Tanyakan kepada yang sudah berpengalaman untuk di sarankan referensi yang tepat.

Keranjang tempat untuk menaruh galon di kendaraan, bisa kalian membeli atau membuatnya di tempat tukang las. Harganya pun bisa kalian rundingkan dengan tukang las tersebut.

Kabel untuk aliran listrik dan tandon air diperlukan untuk penampungan air. Bisa kalian beli di toko material terdekat yang berada di tempat kalian.

Buku diperlukan sebagai catatan ketika menulis pesanan dari pelanggan dan bisa digunakan untuk mencatat semua kebutuhan yang diperlukan termasuk mencatat modal dan penghasilan yang diperoleh.

Meja, kursi, alat pel, sapu dll kita bisa menggunakan fasilitas yang ada di rumah kita, sehingga kita tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membelinya.

Kendaraan

Sebagai sarana untuk antar jemput galon kepada pelanggan, bisa berupa sepeda motor, motor roda tiga atau mobil pick up. Tapi untuk permulaan sebaiknya gunakan sepeda motor dulu, selain irit bahan bakar juga lebih efisien dalam pemakaiannya.

Karyawan

Jika kalian merasa bisnis ini memerlukan bantuan orang lain, maka jalan keluarnya bisa dengan merekrut karyawan. Bisa kalian pekerjakan teman atau tetangga dengan begitu kita juga sedikit membantu ekonominya.

Setelah persiapan semua sudah dilakukan tahap selanjutnya bisa kalian memulai untuk memproduksi dan memasarkannya. Bisa kalian mulai dari teman, tetangga, saudara, mintailah nilai  dari produk yang kalian hasilkan.

Hitung-hitungan modal dan keuntungan

  • Sewa tempat Rp,2.000.000/tahun
  • Harga bulan Rp,5.000.000
  • Alat-alat Rp,500.000
  • Galon 100 buah Rp,3.000.000
  • Kendaraan Rp,3.000.000
  • Listrik /bulan Rp,100.000
  • Karyawan/bulan Rp,800.000
  • Total Rp,9.000.000

Jika sehari kalian bisa menjual sebanyak 100 galon dan harga /galon Rp,5000 maka, 100 x Rp,5000 = Rp,500.000/hari jika sebulan maka tinggal dikalikan saja, Rp,500.000 x 30 hari = Rp,15.000.000

Maka perhitungan keuntungan pendapatan dikurangi modal keseluruhan

Rp,15.000.000-Rp,9.000.000 = Rp,6.000.000/bulan

Tentu hitung-hitungan diatas bukan sebuah patokan mutlak dari usaha air isi ulang. Tergantung dari kebutuhan dan biaya yang dikeluarkan, sebab pasti sebuah teori akan berbeda pula ketika dipraktekan. Ini hanya menjadi gambaran sebuah usaha yang akan dijalankan.

Tidak mesti harus sama seperti itu, tinggal bagaimana cara pengembangannya masing-masing dari tiap orang yang menjalankannya. Banyaklah belajar kepada orang yang sudah berpengalaman.

Sekian dan semoga ulasan tadi bermanfaat. Tetap semangat dan lakukan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *