,

10 Tempat Wisata Alam di Bandung yang Indah Banget

by -21 views

Tempat Wisata Alam di Bandung – Bandung merupakan salah satu wilayah di Jawa Barat yang cukup terkenal dengan wisata alamnya yang menakjubkan. Bandung memang menyimpan banyak sekali potensi wisata alam yang menarik. Tidak heran banyak wisatawan dari luar kota bahkan turis asing yang datang ke Bandung untuk menikmati keindahan alamnya. Suasana udara di sana juga sangat sejuk dan menenangkan, cocok dijadikan tujuan wisata bagi Anda yang ingin melepas penat di pikiran.

Beberapa tempat wisata di Bandung yang bernuansa alam ini selain indah juga tidak menguras kantong. Ya, Anda bisa dengan puas menikmati wisata alam yang menakjubkan meskipun budget yang pas-pasan. Jika memang dalam waktu dekat Anda punya rencana untuk pergi liburan, berikut ini pilihan wisata di Bandung bertema alam yang bisa Anda kunjungi.

Daftar Tempat Wisata Alam di Bandung yang Indah Banget

1. Konservasi Penangkaran Rusa Ranca Upas, Ciwidey

Ingin menikmati pemandangan alam yang masih sangat asri dan terjaga kealamiannya? Kalau begitu Anda bisa memilih berkunjung ke tempat wisata Konservasi Penangkaran Rusa Ranca Upas, Ciwidey ini. Tempat wisata seperti ini paling cocok dikunjungi bersama keluarga agar hubungannya semakin erat satu sama lain. Tidak hanya pemandangan alam yang indah saja, di tempat ini suasananya juga sangat sejuk dan menenangkan.

Karena merupakan tempat konservasi rusa, tentu saja di tempat ini Anda bisa bertemu langsung dengan rusa yang jumlahnya mencapai ratusan. Tidak berhaya, rusa-rusa di sini sangat ramah dengan pengunjung.

2. Kawah Putih Ciwidey

Untuk tempat wisata alam di Bandung satu ini merupakan yang paling populer. Namanya bahkan sudah terkenal hingga ke manca negara. Tidak lain karena kawah putih ini punya sisi keunikan tersendiri yang tidak akan ditemukan di tempat lain. Tempat ini sendiri tidak tercipta secara instan, melainkan akibat dari bencana alam.

Awalnya tempat ini terbentuk akibat dari letusan Gunung Patuha yang akhirnya tercipta sebuah Danau Kaldera dengan airnya yang berwarna putih. Jika berkunjung ke Bandung, Anda wajib mampir ke tempat wisata satu ini.

3. Pemandian Air Panas Ranca Upas, Ciwidey

Berikutnya ada wisata Pemandian Air Panas Ranca Upas, Ciwidey yang juga cukup populer di Bandung. Masih di daerah Ciwidey, di sini Anda bisa merasakan ketenangan dan kesegaran dengan berendam di kolom air panas yang ada di sana.

Tidak hanya itu, Anda juga bakal disuguhi dengan pemandangan alam yang sangat indah. Pastinya jika sudah datang ke sini, akan sangat susah untuk bisa pulang. Selain bisa menenangkan pikiran, mandi di air panas juga diklaim bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Tiket masuknya sendiri terbilang sangat murah, yakni hanya Rp 15 ribuan saja.

4. Air Terjun Maribaya

Jika Anda ingin menikmati suasana alam yang sejuk dan menenangkan, Air Terjun Maribaya ini cocok banget untuk Anda kunjungi. Di sini Anda akan disuguhi oleh pemandangan air terjun yang sangat indah dengan pepohonan dan tumbuhan hijau yang mengelilinginya. Suasana alam di tempat ini masih sangat asri dan terjaga kealamiannya.

Tidak perlu usaha keras untuk bisa sampai ke lokasi Air Terjun Maribaya ini. Tentunya ini sangat cocok untuk Anda yang kurang suka berjalan jauh. Air Terjun Maribaya ini sendiri masih ada dalam kawasan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda.

5. Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda

Bersantai di Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda merupakan aktivitas menarik yang bisa Anda pilih saat berkunjung di Bandung. Tempat ini merupakan kawasan hutan konservasi yang luasnya mencapai 590 hektar. Lokasinya sendiri berada di kawasan Dago Pakar yang tidak jauh dari pusat Kota Bandung.

Di Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda ini sendiri ada beberapa spot wisata yang bisa Anda kunjungi. Beberapa di antaranya, yakni Goa Jepang, Goa Belanda, Curug Omas dan lain sebagainya. Suasana di tempat ini masih sangat asri dan menyejukkan, cocok dijadikan tempat unutk menenangkan diri.

6. The Lodge Earthbound Adventure Park

Selanjutnya ada wisata The Lodge Earthbound Adventure Park yang merupakan salah satu tempat wisata kekinian yang ada di Bandung. Tempat ini menjadi lokasi wisata favorit bagi muda-mudi di sana. Berbagai spot foto kekinian bisa ditemukan di sini, sangat pas dijadikan konten foto di media sosial Anda.

Berlokasi di Kosambi, Cibodas, Lembang, Bandung Barat, tempat ini sudah cukup populer hingga ke luar Bandung. Selain spot hunting foto yang instagramable, pemandangan di tempat ini juga terbilang sangat indah dan menyejukkan mata.

7. Bumi Perkemahan Ranca Upas, Ciwidey

Masih berada di kawasan konservasi penangkaran rusa, di sini kamu juga bisa menemukan camping ground yang pas dijadikan tempat untuk menginap. Bumi Perkemahan Ranca Upas, Ciwidey sendiri sudah menjadi tempat favorit bagi kalangan muda-mudi, baik dari dalam maupun luar Bandung.

Camping ground ini sendiri memiliki luas sekitar 250 hektar dan sekelilingnya terdapat hamparan rerumputan yang luas dan hijau. Banyak pula pepohonan rindang yang semakin membuat indah tempat ini. Ada pula danau kecil dengan airnya yang sangat jernih, melengkapi keindahannya.

8. Goa Pawon dan Stone Garden Padalarang

SONY DSC

Anda yang suka banget dengan alam, wajib banget datang ke tempat wisata ini. Goa Pawon dan Stone Garden Padalarang menjadi salah satu tempat wisata yang lagi hits banget di Bandung. Pengunjungnya tidak hanya datang dari Bandung saja, melainkan juga banyak dari luar Bandung.

Tiket masuk ke tempat ini terbilang sangat murah, yakni hanya Rp 5.000 per orang. Anda bisa mengunjungi tempat ini dengan berbagai pilihan kendaraan, baik itu mobil pribadi ataupun motor.

9. Situ Patenggang

Jika Anda lebih suka menghabiskan waktu di pinggir danau, wisata Situ Patenggang ini bisa dijadikan pilihan. Danau super kece ini tidak hanya indah, tetapi juga penuh dengan nilai sejarahnya. Bahkan awal mula terbentuknya danau ini sampai dikisahkan dalam sebuah legenda, membuatnya menjadi salah satu tempat wisata alam di Bandung yang paling populer.

Di Situ Patenggang Anda bisa menyaksikan danau yang jernih dengan hiasan pepohonan hijau rindang yang mengelilinginya. Suasana di tempat ini juga sangat sejuk dan menenangkan, cocok untuk Anda yang memang mencari ketenangan.

10. Floating Market Lembang

Dan pilihan tempat wisata alam di Bandung yang paling populer terakhir yakni Floating Market Lembang. Tempat wisata satu ini cukup legendaris di Bandung dan menjadi pilihan favorit bagi wisatawan.

Floating Market Lembang ini sendiri sangat mirip dengan pasar terapung di Bangkok, Thailand. Namun, Floating Market Lembang ini punya keunikan tersendiri yang menjadi daya tariknya.

Itulah tadi beberapa pilihan tempat wisata di Bandung dengan tema alam bisa Anda kunjungi. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *