Apa itu Breakeven Point (BEP)

oleh -101 views
Apa itu Breakeven Point (BEP)
Apa itu Breakeven Point (BEP)

Nah sekarang kita masuk ke biaya ya!

Jadi berapa sih biaya yang dibutuhkan agar bisnis kopi tetap dapat beroperasi? Berapa biaya yang dibutuhkan untuk membuat satu cangkir kopi?

Biaya-biaya ini penting untuk diketahui biaya ini dapat menjadi alat pertimbangan untuk keputusan bisnismu. Kamu juga dapat membuat anggaran secara efektif dengan mengetahui biaya apa saja yang terjadi selama bisnis kopimu beroperasi. Nah, sekarang kita hitung BEP yuk!

Apa itu BEP?

Break Even Point disingkat BEP adalah titik di mana pendapatan dari usaha sama dengan modal yang dikeluarkan, tidak terjadi kerugian atau keuntungan. BEP terbagi menjadi tiga komponen yaitu:

1. Biaya Tetap (Fixed Cost)
Biaya yang harus dikeluarkan baik bisnis kopi melakukan atau tidak melakukan kegiatan penjualan. Contohnya biaya listrik, internet, dan gaji pegawai.

2. Biaya Variabel (Variable Cost)

Biaya yang berkaitan langsung dengan penjualan. Biaya HPP (Harga Pokok Penjualan) merupakan salah satu contoh biaya variabel yang paling krusial dan signifikan dalam menentukan nilai BEP bisnis kopi.

Berbicara mengenai HPP, ini berarti termasuk menghitung persediaan awal, pembelian bahan baku sampai persediaan akhir bisnis kopimu. Variable cost merupakan biaya yang dapat dikontrol. Harga bahan dasar yang mahal masih bisa dibeli, takaran porsi penyajian bisa diubah dan beberapa pekerja dapat dikurangi jam kerjanya dengan beberapa pertimbangan. Untuk hitungan dasar, secara umum variable cost hanya menghitung seputar makanan.

3. Biaya Semi Variabel (Semi-Variable Cost)

Upah pekerja kadang dimasukkan dalam golongan semi-variable cost karena beberapa sudah tetap dan beberapa tidak. Pada kebanyakan, gaji pekerja bisa dikontrol dengan menentukan berapa banyak karyawan dalam satu shift, juga berapa jam karyawan harus bekerja dalam satu shift.

Setelah mengetahui proyeksi pendapatan dan total biaya tetap + variabel, kamu tinggal mengetahui nilai setoran modal awalmu. Setoran modal awal bisa berasal dari uang pribadi, utang atau penanaman modal dari investor. Setoran modal ini dipergunakan untuk membeli aset-aset dan membiayai seluruh biaya bisnis kopimu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.