, , ,

Cara memprediksi kapan virus corona berakhir

by -35 views
Cara memprediksi kapan virus corona berakhir
Cara memprediksi kapan virus corona berakhir

Cara memprediksi kapan virus corona berakhir Bagaimana cara mengetahui virus corona sudah benar-benar berakhir sebagai pandemi ? Pernyataan ini tentu dapat muncul di benak semua orang yang sudah bosan menghadapi pandemi yang cukup lama hingga berbulan-bulan.

Bagi introvert mungkin bukan masalah besar, namun bagi orang yang sehari-harinya berkumpul atau pekerjaannya bertemu banyak orang maka akan jadi masalah besar.

Pandemi ini bisa berlangsung lama karena mudahnya penularan dari orang ke orang melalui saluran pernapasan. Dan yang parahnya lagi, virus Covid-19 dapat menginfeksi semua orang tidak mengenal umur maupun jenis kelamin.

Kesadaran masyarakat juga turut mempengaruhi cepat lambatnya pandemi ini supaya bisa cepat berakhir. Memang tuntutan ekonomi bagi banyak orang merupakan kebutuhan pokok yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Aktivitasnya dapat terganggu karena sedang terjadi pandemi yang diprediksi akan berakhir dalam waktu yang tidak sebentar.

Di Indonesia sendiri, kesadaran masyarakat luas masih banyak yang menyepelekan virus Covid-19 ini. Setiap orang yang terinfeksi memang masih punya peluang besar untuk sembuh, namun bukan berarti virus ini tidak berbahaya.

Virus Covid-19 jika sudah menginfeksi tubuh sampai parah maka dapat menghilangkan nyawa seseorang, hal ini berlaku terutama bagi yang suka mengabaikan protokol kesehatan.

Cara memprediksi kapan virus corona berakhir yang akurat

Ada cara memprediksi kapan virus corona berakhir yang akurat. Cara pertama yaitu jangan mudah percaya dari berita yang tersebar di media sosial seperti facebook, twitter, etc. Apalagi dari akun yang tidak jelas yang isinya pun juga masih menggunakan “katanya”. Platform sosial media memang menjadi sarana yang mudah untuk menyebar berbagai rumor.

Parahnya lagi tidak sedikit orang yang menganggap kalau virus Corona sebenarnya itu tidak ada dan mereka cenderung mengabaikan protokol kesehatan. Hal ini tentu adalah suatu kebodohan yang sangat merugikan orang banyak, karena Covid-19 itu jelas nyata. Cara memprediksi kapan virus corona berakhir yang akurat dan terbukti kredibel adalah dengan melihat data yang valid.

Salah satu lembaga terpercaya yang dari awal hingga sekarang terus melakukan update berkala adalah Johns Hopkins. Johns Hopkins University terus mengumpulkan berbagai data dari seluruh negara mulai dari jumlah orang yang statusnya masih terinfeksi, meninggal, atau sudah sembuh.

Di Indonesia sendiri, pemerintah juga sangat aktif untuk memberitakan jumlah orang yang terinfeksi, sembuh dan meninggal setiap harinya. Nah, dari data-data inilah anda bisa memprediksi sendiri secara akurat untuk mengetahui kapan virus corona berakhir.

Masih lama atau tinggal sebentar lagi ? Cara nya dengan melihat dari laporan harian mengenai jumlah berapa orang yang terinfeksi, apakah bertambah, berkurang, statis, atau sudah tidak ada sama sekali. Jika datanya terus bertambah setiap harinya maka bisa dipastikan masih akan lama berakhirnya pandemi Covid-19. Jika data harian menunjukkan pengurangan, maka suatu pertanda yang baik.

Namun bukan berarti sudah menunjukkan akhir dari pandemi dalam waktu dekat. karena ancaman gelombang susulan masih mengintai kapan saja, karena virus ini mudah sekali menular melalui saluran pernapasan. Tanda-tanda pandemi Covid-19 akan benar-benar berakhir di suatu negara adalah saat sudah tidak adanya laporan sama sekali mengenai kasus harian.

Dan ini pun harus masih ditunggu setidaknya sekitar 2 minggu hingga 1 bulan kedepan yang secara berturut-turut data telah menunjukkan 0 terinfeksi sama sekali.

Kenapa harus masih menunggu minimal harus 2 minggu hingga 1 bulan lebih meskipun data penambahan kasus sudah 0 ? Jawabannya karena masa inkubasi covid-19 membutuhkan waktu setidaknya 14 hari atau 2 minggu. Itulah cara memprediksi kapan virus corona berakhir dengan melihat data yang valid.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *