Update Harga Sawit di Jambi Saat Ini

oleh -698 Dilihat
Update Harga Sawit di Jambi Saat Ini
Foto: Harga Sawit Jambi Merangkat Naik, Petani Merasa Lega

Harga Sawit Jambi Merangkat Naik, Petani Merasa Lega

Jambi UpdateUpdate Harga Sawit di Jambi Saat Ini, Para petani sawit di Provnisi Jambi dan provinsi lain di Indonesia boleh merasa lega. Karena harga sawit Jambi yang kelihatannya mulai merangkat naik dan menunjukkan perubahan yang positif. Beberapa tahun ini memang banyak petani yang mengeluh.

Hal ini karena harga tandan buah segar atau TBS dari kelapa sawit yang turun bahkan mencapai titik yang terbilang rendah. Namun, dilihat dari trend yang ada sekarang ini, bisa dibilang harga dari sawit di Jambi sudah mulai merangkak naik lagi.

Berikut harga sawit di Provinsi Jambi berdasarkan penelusuran InfoSAWIT dari Dinas Perkebunan Provinsi Jambi untuk periode 8-14 Desember 2023:

Faktor yang Mempengaruhi Kenaikan Harga Sawit Jambi

Kenaikan harga sawit di Provinsi Jambi ini tentu saja karena ada beberapa faktor yang mempengaruhinya. Hal ini dipengaruhi oleh permintaan pasar dan juga berbagai aspek lainnya. Berikut adalah beberapa faktor yang mempengaruhi harga kenaikan dari sawit di Provinsi Jambi.

1. Meningkatnya Permintaan

Hal pertama yang mempengaruhi meningkatknya harga sawit di Jambi adalah meningkatnya permintaan sawit di pasar. Terutama, permintaan sawit dari India dan China yang masuk sangat banyak. Karena adanya permintaan maka, para petani bisa menjual lebih banyak.

2. Kebijakan Menggunakan Bio Solar

Selain meningkatnya permintaan dari luar negeri, kenaikan harga ini juga dipengaruhi oleh kebijakan yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo. Di mana masyarakat dihimbau untuk menggunakan bio solar.

Baca juga:  Lirik Lagu Angel – Saybia

3. Musim yang Meningkatkan Kualitas Sawit

Faktor lain yang mempengaruhi harga sawit di Jambi adalah musim. Seperti yang diketahui, Indonesia saat ini sedang emamsuki musim penghujan. Pada musim ini, maka pertumbuhan tanaman lebih baik. Karena sawit bisa berbunga dan berbunga lebih baik lagi.

Kualitas dari sawit tentu saja akan mempengaruhi harga dari sawit itu sendiri. Semakin bagus kualitas sawit yang dihasilkan. Maka, bisa dikatakan semakin naik harganya. Apalagi, jika kualitas sawit yang dijual di Jambi sudah mencapai puncaknya.

4. Kenaikan Harga Minyak Sawit Mentah

Pada periode 20-26 Oktober 2023, harga minyak sawit mentah (CPO) di Jambi naik Rp137 per kilogram dari Rp 10.446 menjadi Rp10.583 per kilogram

Pada periode 3-9 November 2023, harga CPO di Jambi turun Rp114 per kilogram dari Rp10.840 menjadi Rp10.726 per kilogram.

Update Harga Sawit di Jambi saat ini :

Harga sawit di Jambi sendiri sebenarnya sangat bervariasi, terutama dari segi umurnya. Berikut adalah daftar harga sawit di Jambi jika berdasarkan umurnya.

Sawit umur 3 tahun Rp 1.889,25/Kg
Sawit umur 4 tahun Rp 1.997,84/Kg
Sawit umur 5 tahun Rp 2.091,27/Kg
Sawit umur 6 tahun Rp 2.179,80/Kg
Sawit umur 7 tahun Rp 2.235,03/Kg
Sawit umur 8 tahun Rp 2.280,83/Kg

Itulah informasi harga sawit Jambi sesuai dengan usianya. Diharapkan dari harga yang ditetapkan sekarang, akan terjadi kenaikan lagi di masa mendatang. Kemudian, harga sawit di Jambi dan pasar dunia menjadi lebih stabil lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.