,

10 Tempat Wisata di Bengkalis yang Wajib Dikunjungi

by -46 views

Tempat Wisata di Bengkalis – Melakukan perjalanan atau traveling merupakan pilihan terbaik untuk menenangkan pikiran. Rutinitas harian yang cukup padat membuat pikiran menjadi tidak karuan. Jika sudah seperti ini, mengunjungi tempat yang memiliki pemandangan indah menjadi pilihan paling tepat. Sepulang dari tempat wisata, nantinya Anda bisa lebih siap lagi untuk menjalani rutinitas harian.

Ingin liburan tetapi tidak tahu ingin berkunjung kemana? Tidak perlu ke luar negeri, di Indonesia masih banyak tempat wisata indah yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Salah satunya yakni di Riau, lebih tepatnya di Kabupaten Bengkalis. Di sana terdapat banyak sekali tempat wisata menarik yang tentunya cocok dipilih sebagai tempat untuk menenangkan pikiran. Adapun beberapa pilihan tempat wisata di Bengkalis selengkapnya bisa Anda simak di bawah ini.

Daftar Tempat Wisata di Bengkalis yang Wajib Dikunjungi

Bengkalis sendiri merupakan salah satu kabupaten yang ada di Riau dan memang punya petensi wisata alam yang sangat luar biasa. Berbatasan langsung dengan Negara Malaysia, Bengkalis punya gugusan pulau kecil nan indah dan eksotis. Berikut ini rekomendasi tempat wisata di Bengkalis yang paling indah wajib Anda kunjungi, yakni:

1. Pulau Beting Aceh

Pilihan tempat wisata indah di Bengkalis yang pertama yakni Pulau Beting Aceh. Pulau kecil nan indah ini tidak berpenghuni, sehingga sangat cocok dikunjungi bagi Anda yang ingin merasakan ketenangan. Pemandangan alamnya sangat eksotis, yang pasti sangat recommended untuk Anda kunjungi.

Pulau Beting Aceh memiliki luas hanya sekitar 2 hektar, di mana pinggirannya dikelilingi oleh pasir putih dan bagian tengah terdapat tumbuham hijau sebagai hiasannya. Airnya sangat jernih dan ombaknya sangat landai sehingga aman untuk berenang di sana. Tempat ini juga sangat cocok dikunjungi oleh pasangan muda yang ingin berbulan madu.

Lokasi: Titi Akar, Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis, Riau

2. Pantai Rupat Utara

Berikutnya ada Pantai Rupat Utara yang juga  wajib dimasukkan ke dalam list kunjungan Anda saat datang ke Bengkalis. Pantai satu ini juga tidak kalah indah, pemandangannya sangat menyejukkan mata pengunjung. Berada di Pulau Rupat, pantai satu ini juga menjadi tempat wisata favorit bagi para turis.

Terdapat hamparan pasir putih dan air laut yang sangat jernih, melengkapi keindahan dari pantai ini. Ombaknya cukup landai sehingga aman jika memang Anda ingin bermain air atau berenang di pantai tersebut. Fasilitasnya juga terbilang lengkap, mulai dari penginapan, rumah makan, toilet dan lain sebagainya. Di Pantai Rupat Utara Anda juga bisa berkesempatan menikmati keindahan matahari terbenam atau sunset yang menakjubkan.

Lokasi: Teluk Rhu, Rupat Utara, Tlk. Rhu, Bengkalis, Kabupaten Bengkalis, Riau 28781

3. Taman Pelatihan Gajah Bukit Batu

Ingin menyaksikan gagahnya para kawanan gajah di Bengkalis? Kalau begitu Anda bisa mencoba mengunjungi tempat wisata bernama Taman Pelatihan Gajah Bukit Batu ini. Berlokasi di Bukit Batu, taman yang menjadi pusat pelatihan gajah ini juga menjadi tujuan wisata favorit bagi pengunjung.

Di tempat ini Anda bisa berinteraksi langsung dengan gajah yang tentunya sudah dilatih oleh petugas di sana. Jika berminat, Anda juga bisa mencoba menunggangi gajah, pastinya ini akan menjadi pengalaman yang sulit untuk dilupakan. Para gajah juga bakal melakukan berbagai atraksi yang akan membuat pengunjung senang melihatnya.

Lokasi: Bukit Batu, Kawasan Hutan Rawah Gambut

4. Wisata Hutan Lindung Bukit Batu

Ingin menyaksikan pemandangan hijau nan indah dan masih terjaga keasriannya? Wisata Hutan Lindung Bukit Batu ini adalah wisata yang paling tepat untuk Anda kunjungi. Wisata hutan satu ini memang masih sangat alami, cocok dikunjungi bagi Anda yang ingin merasakan ketenangan.

Di sini Anda bisa mencoba menjelajahi hutan untuk menemukan spot terbaik untuk menenangkan diri. Selain itu, Anda juga bisa menyewa perahu untuk menyusuri hutan melalui sungai. Anda yang ngakunya petualang sejati, tempat wisata ini wajib untuk dikunjungi.

Lokasi: Bukit Batu, Kawasan Hutan Rawah Gambut

5. Pantai Tenggayun

Wisata pantai menarik lainnya di Bengkalis yang wajib Anda kunjungi yakni Pantai Tenggayun. Pantai satu ini tidak kalah indah dibandingkan dengan pantai lain di Bengkalis. Jika pantai lain berpasir putih, berbeda dengan Pantai Tenggayun di Desa Tenggayun ini. Pasir pantainya berwarna agak keabu-abuan dengan teksturnya yang mirip seperti lumpur.

Air lautnya sangat jernih, tidak heran banyak pengunjung yang menikmati pantai ini dengan berenang. Paling pas mengunjungi pantai ini saat pagi hari, saat itu pemandangan matahari terbit terlihat sangat indah.

Lokasi: Desa Tenggayun, Kec. Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis, Riau

6. Pantai Selat Baru

Di Pantai Selat Baru Anda juga bakal dimanjakan dengan pemandangan alam yang sangat indah dan menakjubkan. Apalagi saat menjelang petang, pemandangan sunset menawan akan menemani sore Anda di pantai ini.

Di hiasi dengan ombak laut yang landai dan tepian pantai dengan pepohonan menjadi pelengkap keindahannya. 

Lokasi: Selat Baru, Bantan, Kec. Bengkalis, Kabupaten Bengkalis, Riau

7. Taman Kera Jinak Sekodi

Kalau tadi adalah taman gajah, beda lagi dengan wisata taman menarik yang ada di Sekodi ini. Sesuai dengan namanya, di taman ini Anda memungkinkan untuk bertemu dan berinteraksi langsung dengan kawanan kera yang lucu. Tidak perlu takut, karena kera-kera di sini sudah jinak dan ramah dengan pengunjung.

Tidak hanya itu saja, di taman ini pemandangan alamnya juga terbilang sangat indah. Tidak jauh dari taman, terdapat sebuah pantai yang juga bisa Anda kunjungi jika sudah puas bermain di taman.

Lokasi: Taman Kera Jinak SekodiJl.Taman Kera Jinak, Sekodi, Kec. Bengkalis, Kabupaten Bengkalis, Riau 28711

8. Masjid Agung Istiqomah Bengkalis

Puas mengunjugi wisata alam , Anda juga bisa berkunjung ke wisata nuansa religi yang ada di kabupaten Bengkalis. Salah satunya yang wajib untuk dikunjungi yakni Masjid Agung Istiqomah Bengkalis. Masjid megah ini merupakan masjid kebanggaan bagi masyarakat Bengkalis.

Arsitektur bangunannya terbilang sangat unik dan beda dari masjid-masjid lainnya. Masjid Agung Istiqomah tersebut memiliki gaya arsitektur dari perpaduan turki, arab dan melayu. Inilah yang menjadi daya tarik utama bagi pengunjung yang datang ke tempat ini.

Lokasi: Jl. Patimura, Damon, Kec. Bengkalis, Kabupaten Bengkalis, Riau 28711

9. Taman Laut Prapat Tunggal

Satu lagi taman indah yang ada di Bengkalis bisa Anda kunjungi yakni Taman Laut Prapat Tunggal. Pemandangan di taman ini memang sangat indah, di mana  ada perpaduan laut, pantai dan juga hijaunya pepohonan di sana.

Setiap harinya pasti ada perahu nelayan yang sedang lalu-lalang di laut Prapat Tunggal tersebut. Di sore hari ada pemandangan sunset yang bakal memanjakan mata Anda.

Lokasi: Bengkalis

10. Rumah Adat Melayu Bengkalis

Kurang lengkap rasanya jika datang ke Bengkalis, namun tidak mampir ke salah satu wisata budaya di sana. Salah satunya adalah Rumah Adat Melayu Bengkalis yang menjadi pilihan favorit para pengunjung.

Rumah adat asli melayu ini punya arsitektur bangunan yang sangat unik dan khas banget. Cocok dikunjungi bagi Anda yang suka menelusuri sejarah.

Lokasi: Bengkalis

Itulah tadi beberapa pilihan tempat wisata di Bengkalis yang wajib untuk Anda masukkan dalam list kunjungi Anda. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *