Minimnya Tabung Oksigen, Pemprov Jambi akan Impor dari Malaysia

by -183 views
Pihak kepolisian sedang memeriksa ketersediaan tabung oksigen di RSUD Hamba Muara Bulian
Pihak kepolisian sedang memeriksa ketersediaan tabung oksigen di RSUD Hamba Muara Bulian

Kasus Covid-19 yang terus meningkat di Jambi menyebabkan kekurangan tabung oksigen medis. Ada pun kekurangan tabung oksigen medis itu sekitar 500-600 tabung dari total kebutuhan sebanyak 1.700 tabung oksigen.

Ada pun kekurangan tabung oksigen medis itu sekitar 500-600 tabung dari total kebutuhan sebanyak 1.700 tabung oksigen.

“Kita proyeksikan kebutuhan tabung oksigen itu 1.700 tabung,” kata Sekda Provinsi Jambi, Sudirman melalui pesan singkat, Selasa (3/8/2021).

Ia mengatakan kebutuhan 1.700 tabung ini berdasarkan kebutuhan rumah sakit di Jambi dan sejumlah tempat Isoman.

Saat ini, stok tabung oksigen yang ada di Jambi hanya 1.200 tabung.

Sehingga apabila kasus terus meningkat, tentu penggunaan tabung oksigen akan melebihi proyeksi kebutuhan.

“Terkadang, ada masyarakat yang tak tertolong karena kekurangan oksigen di rumah sakit,” kata Sudirman.

Cari ke Malaysia

Atas kekurangan tabung oksigen ini, Pemprov Jambi akan melakukan pembelian tabung oksigen, karena ini kebutuhan darurat.

Menurutnya, Jambi kekurangan 500 tabung oksigen. Untuk mengantisipasi itu, Pemprov Jambi akan mendatangkan sekitar 600 tabung, agar tak terjadi kekurangan.

Untuk memenuhi kebutuhan tabung oksigen, sambung Sudirman pihaknya tengah berusaha mendatangkan tabung oksigen dari luar negeri, yakni Malaysia.

Pengadaan tabung sampai ke Malaysia, kata Sudirman pasalnya di Indonesia tak ada yang jual tabung oksigen tersebut.

“Intinya nanti mana yang punya link-lah untuk membeli itu, bisa jadi nanti diarahkan ke PT Samator. Karena yang mau kita beli itu, harus dicek betul barangnya,” ungkapnya.

Tidak hanya membeli tabung oksigen, Pemprov Jambi juga akan membeli International Organization for Standardization (ISO) tank, sebagai sarana utama pendistribusian oksigen.

Untuk membeli tabung oksigen tersebut, Pemprov Jambi tengah menyiapkan anggaran sebesar Rp 700 juta.

“Sementara kalau ISO Tank ini masih sangat lama, karena kita usulkan, kemudian biasanya sekitar 12 bulan ke depan baru ada, ini jika ISO Tank yang masih baru,” terangnya.

Sudirman menyebutkan ISO Tank yang ada, bukanlah barang baru. Melainkan sudah pernah dipakai. Sehingga ini perlu dicek betul, apakah masih layak atau tidak.

Pemeriksaan pasokan tabung

Terpisah, Kapolda Jambi Irjen Pol A Rachmad Wibowo melakukan pemeriksaan pasokan tabung dan gas oksigen di RSUD Hamba Muara Bulian.

Kedatangan Kapolda karena mendapatkan informasi bahwa stok gas oksigen di RSUD Hamba Muaro Bulian sempat menipis, makanya dia datang untuk mengecek langsung.

“Ketersediaan Gas Oksigen di RSUD Hamba Muaro Bulian sempat menipis, kita memastikan ketersediaannya cukup untuk pasien Covid-19,” pungkas Kapolda.

Berdasarkan data Satgas Covid-19 Provinsi Jambi, pada Senin (2/8/2021) jumlah kasus positif telah mencapai 20.730 orang.

Dari jumlah itu, sebanyak 15.196 pasien dinyatakan sembuh dan 439 orang meninggal dunia. Sementara 5.095 pasien sedang menjalani perawatan di rumah sakit dan isolasi mandiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.