jual-slot-iklan-buat-bisnis-anda-jasa-iklan-indonesia-1
jual-slot-iklan-buat-bisnis-anda-jasa-iklan-indonesia-1
Wisata  

Pesona Pantai Sukamade Banyuwangi Yang Eksotis

Pantai Sukamade Banyuwang
Pesona Pantai Sukamade Banyuwangi Yang Eksotis

Berita Jambi – Pantai Sukamade Banyuwangi termasuk kawasan Taman Nasional Meru Betiri dan juga salah satu Diamonds Triangle di Banyuwangi setelah G-Land dan Kawah Gunung Ijen. Pantai Sukamade sendiri adalah sebuah pantai yang sudah terkenal sejak jaman penjajahan Belanda.

Kawasan Pantai Sukamade Banyuwangi ini merupakan habitat dan juga istana dari beberapa spesies Penyu seperti Penyu Hijau, Sisik, Slengkrak dan Penyu Blimbing. Pantai Sukamade satu dari dua lokasi Penyu bertelu yang ada di Wilayah Banyuwangi, selain Pantai Ngagelan. Pantai Sukamade terletak di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur.

Pantai ini dikenal sebagai tempat pendaratnya Penyu Hijau terbaik di Indonesia. Bahkan menurut laporan World Wide Fund For Nature, Pantai Sukamade merupakan tempat Penyu Hijau paling banyak bersarang.

Untuk mencapai lokasi Pantai Sukamade harus membutuhkan perjuangan ekstra, karena terletak di 97 Km ke arah barat dari Kota Banyuwangi, dan pantai ini berlokasi terbilang cukup jauh dari pusat Kota Banyuwangi.

  • Dari Banyuwangi Kota/ Situbondo :

Situbondo-Banyuwangi kota-Jajag-Pesanggaran-Sarongan-Rajegwesi-Sukamade

  • Dari Arah Jember/ Surabaya :

Jember/Surabaya-Jajag-Pesanggaran-Sarongan-Rajegwesi-Sukamade

Perjalanan dengan menggunakan transportasi umum dapat di mulai dari Terminal Jajag, yang merupakan sebuah terminal kecil yang di bagian selatan Banyuwangi. Terminal ini juga menjadi tempat singgah bus-bus dari Banyuwangi kota ataupun dari arah Jember, jadi kita tinggal cari aja bus ke jurusan Jajag.

Dari Jajag perjalanan dilanjutkan menuju Pesanggaran menggunakan angkutan umum, menuju ke Sarongan/Rajegwesi. Rejegwesi sendiri adalah sebuah desa yang masuk kawasan Taman Nasional Meru Betiri, sekaligus menjadi pintu gerbang jika anda memasuki kawasan TNMB tersebut.

Baca juga:  4 Tempat Wisata di Sibolga yang Aduhai Indahnya

Di sepanjang perjalanan menuju Pantai Sukamade Banyuwangi, anda akan merasakan pengalaman yang tidak akan pernah anda lupakan. Pasalnya akses menuju kawasan Pantai Sukamade jalannya berbelok-belok, menanjak perbukitan, belum beraspal masih bebatuan terjal dan tanah berlumpur yang memang sengaja dibiarkan alami. Selepas itu, anda akan melewati 5 sungai dengan kedalam 40 cm bahkan bisa mencapai 1 meter tiga diantarnya adalah sungai besar, tapi anda jangan heran bila musim hujan datang, air sungai tersebut bisa meluap mencapai setinggi mobil jeep.

Setelah mencapai perjalanan sejauh 10 Km dari Rajegwesi, anda akan mencapai simpang Sumbersuko dengan menggunakan rakit atau gethek untuk menyebrang sungai kedesa seberangan dengan biaya sekitar Rp. 5000 per orang. Jika anda sudah berada di pos desa Sukamade, para pengunjung diminta untuk melapor dengan mengisi buku tamu, begitu juga ketika anda tiba di pos Pantai Sukamade ( jarak antara pos desa dengan pantai berjarak kurang lebih 5 Km )

Tips Ke Pantai Sukamade

Jika anda iningin berkunjung ke pantai Sukamade ini, berikut beberapa tips yang baiknya anda perhatikan :

  • Gunakan kendaraan double gardan dan juga sopir yang berpengalaman dimedan berbatu yang terjal
  • Pastikan anda tidak ada janji menelephone di kawasan Pantai Sukamade, ataupun menerima telphone selama disana, karena di tempat tersebut tidak ada sinyal.
  • Membawa bekal makanan yang cukup, dan juga membawa air mineral
  • Membawa peralatan seperti berikut : Korek api, senter atau pun lilin
  • Di pantai banyak nyamuk, jadi jangan lupa untuk membawa lotion anti nyamuk.
Baca juga:  Tempat Wisata Jambi yang Sedang Hits dan Populer

Di area lokasi Pantai Sukamade ini  telah telah disedikan aneka fasilitas yang dapat menunjang kegiatan pariwisata, antara lain pondok wisata, camping ground, jalan trail wisata, information centre, hingga laboratorium. Anda juga dapat menjumpai area hutan mangrove yang melengkapi pesona pantai menjadi semakin natural dan indah.

Ditempat pantai ini juga terdapat kamar mandi, Mushola, dan juga Kantin/warung, sayangnya kantin tersebut buka cuma hari libur saja.

Untuk fasilitas listrik hanya dapat dinikmati dalam waktu terbatas, tapi anda tidak perlu terburu kecewa, sebab petugas pantai sudah menyediakan genset untuk memasok kebutuhan listrik, siapa tahu anda ingin bermalam di tempat pantai tersebut, sekaligus melihat penyu bertelur dikawasan Pantai Sukamade Banyuwangi.