,

Jenis-Jenis Tanaman Bonsai

by -10 views

Bonsai adalah sebuah tanaman hias yang dibuat kerdil. Tanaman Bonsai saat ini kembali mendapatkan minat di kalangan pecinta tanaman hias. Sebelum kamu mulai bermain bonsai, sebaiknya perlajarilah beberapa jenis-jenis tanaman Bonsai yang menarik.

Mengenal berbagai jenis tanaman Bonsai yang menarik

Di dunia ini, jenis-jenis tanaman Bonsai sangat beragam dengan bentuk yang bervariasi. Konsep tanaman bonsai sebenarnya sudah hadir di Indonesia sejak lama. Kamu bisa mulai mempelajari tanaman Bonsai dengan mengamati jenis-jenisnya terlebih dahulu.

Bonsai Adenium

Adenium dikenal juga dengan istilah Kamboja Jepang. Padahal, Adenium justru berasal dari Arab dan Afrika. Tanaman ini dikenal tidak rakus terhadap air dan bahkan tidak cocok hidup di tempat yang banyak air. Bunganya cantik berwarna merah muda dan memiliki batang menggembung.

Bonsai Asam Belanda

Asam Belanda pada dasarnya adalah pohon perdu yang berdaun kecil, namun rindang. Struktur batangnya besar dan kuat dan cocok sekali menjadi sebuah bonsai. Proses perawatannya juga cukup mudah, selayaknya menanam pohon perdu dengan ukuran yang lebih kecil.

Bonsai Asam Jawa

Pohon Asam Jawa juga memiliki struktur pohon yang baik untuk dijadikan sebuah bonsai. Tanaman ini cocok menjadi pohon bonsai pertama bagi para pemula. Perawatannya cukup simpel dan tidak sulit untuk dibentuk sedemikian rupa sesuai dengan selera masing-masing.

Bonsai Azalea

Tanaman Azalea merupakan salah satu pilihan tanaman bonsai yang berasal dari Jepang. Tanaman ini memiliki bunga yang cukup lembat dengan warna merah muda. Struktur batangnya kuat dengan daun hijau yang rimbun. Cocok diletakan di dalam dan luar rumah.

Bonsai Beringin

Tanaman Beringin merupakan pilihan pohon yang sangat cocok dijadikan bonsai. Dengan daun lebat dan kayu yang kuat, pohon ini akan terlihat sangat berkarakter ketika dijadikan sebuah bonsai. Selain itu, tanaman ini juga sudah sangat populer sejak puluhan tahun yang lalu.

Bonsai Bougenville

Tanaman Bougenville merupakan pilihan tanaman bunga yang menarik untuk dijadikan bonsai. Bunga pada Bougenville terlihat cantik dengan bunga yang warna-warni yang seperti kertas. Stuktur batangnya juga cukup keras dan terlihat menarik ketika dibentuk menjadi bonsai.

Bonsai Cemara Udang

Pohon Cemara sudah menjadi pilihan bonsai yang sangat menarik untuk ditanaman. Tanaman dengan daun kecil ini akan sangat terlihat menarik serasa sedang berada di pegunungan. Perawatannya sendiri tidak sulit asalkan memberikan air dengan porsi yang sesuai.

Bonsai Jeruk Kingkit

Tanaman ini bisa menjadi sebuah pilihan menarik untuk dijadikan bonsai. Pasalnya, tanaman ini memiliki buah kecil yang membautnya semakin cantik. Selain itu, strukutur batangnya juga terlihat sangat cantik ketika dibentuk menjadi sebuah pohon bonsai.

Bonsai Kelapa

Pohon Kelapa bisa menjadi pilihan bonsai yang sangat menarik. Pohon kelapa yang dibonsai biasanya masih menggunakan tempurung buah kelapa. Pohon kelapa yang sering dijadikan bonsai umumnya berjenis kelapa gading merah, kelapa gading albino, dan kelapa gading susu.

Bonsai Kimeng

Bonsai tree, Ficus Microcarpa, Bonsai tree exhibition at Pune

Pada dasarnya Kimeng masih mirip dengan Beringin. Perbedaan yang paling mencolok adalah batang pohon yang berwarna putih. Selain itu, pohon ini juga terlihat sangat cantik berkat strukutur pohon yang bisa dibentuk menjadi sebuah kreasi yang menarik.

Demikianlah artikel singkat mengenai jenis-jenis tanaman Bonsai. Semoga artikel ini bisa membantu kamu mempelajari tanaman bonsai. Jika kamu tertarik, kamu bisa mencoba langsung dengan menanam salah satu jenis tanaman di atas. Selamat belajar!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *