,

Jenis-Jenis Tanaman Aquascape

by -9 views

Aquascape saat ini menjadi sebuah tren baru yang tumbuh di Indonesia. Sakah satu unsur yang penting dihadirkan dalam Aquascape adalah tanaman. Jika kamu tertarik membuat Aquascape, pelajarilah terlebih dahulu mengenai beberapa jenis-jenis tanaman Aquascape.

Mengenal jenis tanaman Aquascape yang baik dan benar

Pada dasarnya jenis-jenis tanaman Aquascape sangat banyak dan bisa dipilih sesuai selera. Akan tetapi, kamu jangan sembarangan dalam memilih tanaman. Carilah tanaman yang mudah tumbuh di air dan memiliki bentuk sesuai dengan konsep yang digunakan.

Anubias Coffefolia

Tanaman ini pertama kali ditemukan di Benua Afrika, tepatnya di wilayah Afrika Barat. Jenis tanaman Anubias Coffefolia ini mampu hidup di dalam air tanpa harus mendapatkan sinar matahari yang cukup. Tanaman ini memiliki daun oval dengan warna hijau kecokelatan.

Bucephalandra Black Phantom

Banyak yang beranggapan bahwa tanaman satu ini berasal dari Indonesia, tepatnya di Pulau Kalimantan. Tanaman ini cocok sekali berada pada bagian depan aquarium. Selain itu, tanaman ini juga tidak membutuhkan banyak cahaya dan CO2 sehingga cukup mudah ditanam.

Cabomba Caroliniana

Tanaman ini berbentuk seperti daun pohon cemara yang rimbun. Pada dasarnya tanaman ini membutuhkan cahaya yang baik, namun tidak membutuhkan banyak CO2 pada air. Cabomba Caroliniana ini juga termasuk mudah dirawat dan cukup menarik diletakan di bagian tengah.

Crinum Calamistratum

Tanaman ini juga berasal dari Benua Afrika, tepatnya di wilayah Afrika Barat. Daunnya dan batangnya berbentuk hijau tua yang memanjang ke atas. Kamu perlu merawatnya dengan baik karena tanaman ini membutuhkan cahaya dan CO2 yang sempurna.

Cryptocoryne Pontederiifolia

Tanaman ini berasal dari Indonesia, tepatnya di Pulau Sumatera. Tanaman ini cocok ditanam oleh pemula karena tidak terlalu membutuhkan air yang sempurna. Bentuknya cenderung oval dengan warna daun hijau kecokelatan. Cocok sekali untuk menghias bagian kosong aquarium.

Dwarf Baby Tears

Tanaman ini cocok untuk membuat aquarium menjadi rimbun. Tanaman yang berasal dari Kuba ini memiliki daun kecil dan padat dengan warna hijau sedikit kekuning-kuningan. Jenis tanaman ini sebaiknya diberi cahaya yang optimal dan mendapat nutrisi yang tepat.

Hygrophila Polysperma

Tanaman yang satu ini memiliki bentuk kecil memanjang dengan warna hijau kekuningan. Kebutuhan cahaya pada tanaman ini tidak terlalu menjadi persoalan sehingga mudah ditanam. Bahkan, tanaman ini juga bisa hidup dengan kondisi sebagian batang keluar dari air.

Java Moss

Tanaman ini berbentuk kecil seperti pohon pakis. Tanaman yang berasal dari wilayah Asia Tenggara ini mudah hidup karena tidak membutuhkan banyak cahaya. Meski mudah dirawat, tanaman ini justru tidak bisa tumbuh dengan cepat sehingga terlihat tidak terlalu rimbun.

Monte Carlo

Tanaman ini bisa menjadi pilihan untuk memenuhi bagian dasar dari aquarium. Monte Carlo sering dijadikan tanaman karpet karena tumbuh dengan sangat cepat, terutama saat mendapat asupan cahaya yang baik. Untuk itu, tanaman ini sering menjadi pilihan bahkan oleh pemula.

Windelov

Windelov bisa menjadi pilihan menarik untuk pemula dan profesional. Pasalnya, tanaman ini cukup kuat dan bisa bertahan dalam banyak kondisi air. Tanaman yang memiliki daun bercabang ini cukup baik untuk membuat kerimbunan dan tempat bermain ikan-ikan di aquarium.

Demikianlah artikel singkat, padat, dan jelas mengenai jenis-jenis tanaman aquascape. Semoga artikel ini bisa membantumu mempelajari lebih dalam mengenai aquscape. Selamat belajar!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *