,

Cara Mengatasi HP Android Agar Tidak Lambat Ketika Bermain Game

by -16 views

Bermain game dengan menggunakan hp android kini banyak dilakukan oleh orang-orang, termasuk anak muda. Hal ini karena bermain dengan android lebih mudah dan praktis ketimbang dengan komputer atau laptop yang tidak bisa dibawa kemana-mana.

Namun seringkali bermain game dengan android terdapat kendala, seperti lambat atau bahkan lag ketika digunakan untuk bermain. Kendala ini terjadi karena data game yang sedang dimainkan semakin membesar.

Nahh buat kamu yang ingin mengatasi kendala tersebut, kamu wajib kupas tuntas artikel berikut ini. Begini penjelasan cara mengatasi hp android agar tidak lambat ketika bermain game!

Tips & Trik Agar Hp Android Tidak Lambat Untuk Bermain Game

Mengupdate Game

Kamu harus sering mengecek versi terbaru game yang dimainkan kemudian mengupdatenya. Cara ini dapat mengatasi kelambatan ketika kamu bermain game. Sebab, biasanya versi game yang sebelumnya tidak tersedia lagi, sehingga game yang dimainkan menjadi lambat.

Gunakan Aplikasi Pembersih

Salah satu aplikasi pembersih yang recomended adalah Clean Master. Kamu bisa mengunduhnya lewat Play Store dan membersihkan android kamu, mulai dari junk file, melonggarkan kapasitas RAM, menghapus cache, dan mematikan aplikasi yang membuat hp cepat panas dan lambat.

Bersihkan Cache Aplikasi

Untuk membersihkan cache aplikasi, kamu bisa lakukan langkah-langkah berikut:

  • Masuk ke menu Setting
  • Pilih Aplikasi Terinstal
  • Pilih aplikasi yang akan dihapus cachenya
  • Klik Hapus Data
  • Klik Hapus Cache

Restart Game yang Dimainkan

Merestart game yang sedang dimainkan ternyata dapat mengurangi kelemotan hp saat digunakan untuk bermain game. Sebab, ini akan meringankan beban hp juga game itu sendiri. silahkan restart game dan tunggu beberapa saat sampai hp tidak panas lagi.

Gunakan Jaringan Tercepat

Jaringan internet tentu menjadi salah satu faktor utama kenapa hp kamu lambat ketika bermain game. Maka, gunakanlah jaringan tercepat, seperti Wi-Fi atau jaringan seluler 4G, sehingga game bisa berjalan dengan maksimal.

Baterai HP Tersisa Banyak

Karena asik bermain game akhirnya kita teledor dengan sisa baterai. Baiknya, selalu perhatikan sisa baterai ketika bermain game. Sebab, jika sisa baterai sedikit maka hp akan lag ketika digunakan untuk bermain. Silahkan charger ketika baterai tersisa 20%.

Hapus File Tidak Penting

Memiliki banyak file di ruang penyimpanan juga dapat membuat hp kamu lambat, apalagi ketika digunakan untuk bermain game. Jadi, silahkan hapus file-file yang tidak penting, seperti foto, video, dokumen, dan lain sebagainya.

Menutup Aplikasi yang Aktif

Seringkali kita membiarkan aplikasi lain aktif ketika bermain game. Padahal, aplikasi-aplikasi yang aktif tersebut dapat membuat lambat android kamu saat bermain game. Bahkan, baterai dan RAM pun ikut terkuras, maka kamu perlu menutupnya.

Menutup Aplikasi yang Sedang Berjalan

Untuk memaksimalkan kecepatan hp saat digunakan bermain game, kamu bisa menutup aplikasi yang sedang berjalan. Jika tidak, RAM dan prosesor akan tetap menjalankan aplikasi tersebut bersamaan dengan game yang tengah kamu mainkan, sehingga resource untuk bermain menjadi kurang maksimal.

Menghapus Aplikasi yang Tidak Digunakan

Salah satu faktor yang membuat hp menjadi lambat adalah banyaknya aplikasi. Jika kamu memiliki banyak aplikasi dan sering tidak digunakan, sebaiknya kamu hapus aplikasi tersebut. Dengan begitu, beban hp akan berkurang, apalagi jika aplikasi yang kamu hapus memiliki ukuran yang besar.

Itulah cara mengatasi hp android agar tidak lambat ketika bermain gameyang dapat kamu lakukan agar saat bermain game menjadi lebih lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *