,

Cara Menggunakan Google Meet

by -31 views

Sejak munculnya virus corona, masyarakat selalu dihebohkan dengan perintah #dirumahsaja. Hal ini kemudian menghambat kebiasaan dan kegiatan sehari-hari masyarakat. Semua kegiatan berpindah haluan menjadi serba online.

Salah satu fasilitas teknologi yang menjadi buronan masyarakat untuk melangsungkan kegiatan atau pekerjaan adalah Google Meet. Tidak hanya itu, sebagian masyarakat juga menggunakan Google Meet hanya untuk berbincang semata dengan teman atau keluarganya.

Google Meet dipercaya menjadi media meeting yang praktis dan mudah digunakan. Semua orang dapat menggunakannya sesuai dengan kebutuhan.

Buat kalian yang ingin menggunakan Google Meet seperti yang lainnya, alangkah baiknya kalian baca artikel ini sampai habis. Kami akan mengupas tuntas mengenai Google Meet, termasuk cara menggunakan google meet. Yuk simak penjelasannya!

Macam-macam Fitur Pendukung Google Meet

Google Meet hadir dengan dibekali beragam fitur yang dapat memuaskan penggunanya, di antaranya sebagai berikut:

Video Call

Video call merupakan fitur utama di dalam Google Meet. Anda bisa memulai video call dengan rekan kerja anda melalui smartphone, komputer, maupun ruang konferensi.

Untuk menggunakan fitur video call, terdapat batas minimal dan maksimal orang yang terhubung dengan video call ini. Rapat diikuti minimal oleh 25 orang dan maksimal 50 orang dengan kriteria tertentu.

Panggilan Telepon

Selain video call, anda juga bisa menggunakan fitur panggilan telepon. Nomor telepon dibuat dengan PIN dan secara otomatis dapat ditambahkan ke dalam video meeting meet. Jadi, anda bisa menggunakan nomor telepon tersebut untuk tergabung, termasuk juga pengguna eksternal.

Mengundang Orang Untuk Terhubung

Google Meet juga dibekali fitur mengundang orang lain untuk bisa terhubung dengan bisnis yang dimilikinya atau suatu perusahaan. Anda bisa leluasa mengundang rekan bisnis anda untuk bergabung dan rapat dengan menggunakan Google Meet.

Anda bisa mengundang orang lain setelah anda terhubung dengan orang tersebut dalam video call. Anda juga bisa mengundangnya setelah membuat jadwal rapat atau meeting melalui Google kalendar.

Merekam

Fitur merekam ini berfungsi untuk merekam saat anda melalukan meeting, sehingga materi meeting tidak akan hilang dan bisa dibuka kapan saja. fitur ini membuat meeting anda lebih praktis dan efisien.

Membuat Jadwal Rapat

Di Google Meet, anda juga bisa membuat jadwal rapat. Google Meet menyediakan kalendar yang disertai dengan link, di mana link tersebut nantinya akan terhubung dengan video meet.

Dalam pembuatan jadwal, anda juga bisa menambahkan nomor telepon yang aktif, sehingga pengguna lain dapat menelepon atau mengakses video anda dengan mudah.

Rapat Instan

Dengan fitur rapat instan, anda dapat melakukan rapat kapan saja dan mengundang pengguna lain untuk bergabung.

Presentasi

Apabila dalam sebuah rapat anda perlu menyampaikan informasi melalui slide, anda bisa menggunakan fitur presentasi. Ini akan membantu menayangkan slide anda dan semua anggota rapat dapat mengetahuinya.

Cara Menggunakan Google Meet

  1. Kunjungi alamat https://meet.google.com/
  2. Klik tombol Join or Start a Meeting
  3. Silahkan buat judul atau kode meeting, agar pengguna lain nantinya tidak salah join
  4. Secara otomatis akan muncul informasi izin mengakses kamera dan mikrofon. Silahkan pilih Izin, lalu klik Join Now untuk membuat ruang rapat dan Present untuk melakukan presentasi
  5. Undang pengguna lain untuk bergabung, dengan cara copy paste link video conference atau tambahkan melalui email

Itulah cara menggunakan google meet untuk pemula, semoga dengan adanya tutorial ini kamu bisa terbantu menggunakan aplikasi conferensi milik google dengan mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *