,

10 Fakta Tentang Magnet

by -12 views

10 Fakta Tentang Magnet

10 Fakta Tentang Magnet

Inilih 10 fakta tentang sebuah magnet yang mungkin belum anda tahu.

1. Jika Anda memotong magnet menjadi dua, Anda akan mendapatkan 2 magnet yang lebih kecil sebagai hasilnya, masing-masing dengan utara dan kutub selatan mereka sendiri.

2. Kutub utara pada sebuah magnet mengarah ke kutub utara di bumi. Hal ini karena kedua magnet itu menyelaraskan diri bersama-sama. Inilah cara sebuah kompas bekerja.

3. Untuk membuat sebuah magnet baru, ambil satu mangnet yang sudah Anda memiliki dan gosok pada sepotong logam baru. Proses ini disebut gaya magnet dan akan merubah setiap bagian dari logam menjadi magnet.

4. Elektromagnet tidak bersifat magnetis sepanjang waktu. Jika Anda mengaruskan listrik melalui sebuah paku yang dibungkus dengan kawat tembaga, maka dia akan berubah menjadi magnet. Setelah Anda menghentikan aliran listriknya, maka dia hanya sebuah paku dan kawat lagi.

5. Sebuah medan magnet adalah daerah yang tak terlihat di sekitar magnet yang menarik logam dan magnet lain kearahnya. Itulah sebabnya mengapa Anda perlahan-lahan dapat mendorong 2 magnet bersama-sama dan mereka akan melompat ke satu sama lain, karena mereka memasuki medan magnet mereka.

6. Medan magnet yang dibuat oleh Bumi begitu besar dan kuat, yang membentang keluar ke angkasa. Bumi terbuat dari logam dan bahan-bahan seperti besi, yang membuatnya seperti sebuah magnet yang lebih kecil.

7. Meskipun Bumi itu besar dan merupakan magnet raksasa, Bumi ini sekitar 1000 kali lebih lemah dari sebuah magnet kecil yang Anda miliki di rumah.

8. Kekuatan magnet diukur dalam Tesla (yang merupakan nama seorang ilmuwan dan spesialis listrik).

9. Magnet ditemukan dan digunakan lebih dari 800 tahun yang lalu di Yunani kuno dan Cina. Mereka bahkan memiliki kompas sendiri.

10. Besi adalah logam terbaik untuk digunakan sebagai magnet juga merupakan magnetik alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *