, , ,

Tips cara memakai masker yang benar di saat pandemi

by -67 views
Tips cara memakai masker yang benar di saat pandemi
Tips cara memakai masker yang benar di saat pandemi

Tips cara memakai masker yang benar di saat pandemi Sudah pakai masker tapi masih bisa tertular ? Banyak orang cuma asal pakai saja tanpa mempelajari secara mendalam. Berikut ini cara memakai masker yang benar supaya bisa berfungsi lebih efektif.

Masker sangat penting digunakan terutama saat sedang terjadi pandemi covid-19. Beberapa pakar kesehatan menyarankan hanya orang sakit saja yang perlu menggunakan masker. Namun faktanya orang yang terinfeksi virus corona saja tidak sadar kalau sebenarnya dia sudah terinfeksi. Maka dari itu akan jauh lebih efektif jika semua orang saat ini memakai masker guna memutus rantai penyebaran virus yang sangat cepat.

Sebelum memakai masker, pastikan tangan anda telah bersih dengan cara mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Pasang masker sampai menutupi hidung dan mulut anda dengan rapat. Namun hal itu ternyata masih belum cukup dan masih banyak orang menyepelekan hal penting ini.

Tips cara memakai masker yang benar di saat pandemi

Cara memakai masker yang benar sebenarnya sangat sederhana bukan ? Tinggal diikatkan saja sampai menutupi hidung dan mulut. Permasalahan baru muncul ketika anda memakainya dalam waktu yang lama. Bernapas menjadi terasa berat karena filter yang ada di masker membuat lebih sedikit oksigen yang masuk.

Jika sudah demikian biasanya akan dicopot sebentar agar hidung bisa menghirup oksigen lebih banyak bukan ? Nah, hal ini yang perlu diperhatikan, saat memegang masker pastikan tangan anda sudah bersih dari kuman dan virus meskipun hanya ingin menyentuhnya satu detik saja.

Pastikan anda cuci tangan dengan sabun terlebih dahulu sebelum menyentuh masker Karena kontak bisa terjadi dari tangan ke hidung meskipun hanya sekali sentuhan saja. Hal lain yang harus diperhatikan adalah tipe masker yang digunakan. Ada masker yang hanya sekali pakai lalu dibuang dan ada juga masker yang bisa dipakai sampai beberapa kali.

Untuk masker sekali pakai tentu saja tidak dianjurkan sampai dipakai berkali-kali. Sedangkan untuk masker yang bisa dipakai sampai beberapa kali digunakan, perhatikan tips penting berikut ini agar anda bisa terhindar dari penularan virus. Ketika ingin mencopot masker yang bisa digunakan berulang kali, jangan pernah sentuh bagian dalamnya.

Hal ini untuk mencegah kontak dari virus yang ada ditangan agar tidak berpindah ke bagian dalam masker. Jemur masker yang bisa digunakan sampai berulang kali itu dibawah matahari yang terik, minimal satu jam.

Menurut penelitian, panas matahari dapat membunuh virus secara efektif. Karena itu sebelum digunakan kembali anda bisa mencuci nya terlebih dahulu, atau minimal menjemurnya dibawah terik matahari yang panas. Seperti kita ketahui bahwa virus corona masih bisa hidup di benda mati sampai 24 jam, beberapa peneliti lain bahkan mengatakan bisa hidup sampai 2 hari lebih.

Namun anda tidak perlu khawatir hal itu sebab dibawah terik matahari yang panas, virus dapat mati lebih cepat. Beberapa penelitian menunjukan cara ini sangat efektif untuk membunuh kuman atau virus. Jadi untuk masker yang bisa dipakai sampai berulang kali, perhatikan kebersihan nya dengan cara mencuci dan menjemur nya secara teratur.

Kesalahan yang sering dilakukan banyak orang ketika ingin melepas masker

Tips terakhir cara memakai masker yang benar adalah jangan pernah mencopot masker terutama saat sedang berbicara dengan orang lain. Virus Corona dapat menular dari orang ke orang melalui hidung atau mulut.

Ketika orang berbicara kepada anda, justru resiko penularannya akan semakin besar. Banyak orang mencopot maskernya saat sedang berbicara dengan orang lain untuk alasan sopan santun atau agar suaranya bisa terdengar lebih jelas.

Namun hal itu sama sekali fatal jika anda mencopot nya saat sedang berbicara dengan orang lain. Copot lah masker saat anda benar-benar sendirian dan tidak ada manusia satupun di dekat anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *