,

10 Tempat Wisata di Pangandaran yang Wajib Dikunjungi

by -39 views

Tempat Wisata di Pangandaran – Pangandaran tidak melulu soal pantainya yang sangat populer. Di sana juga masih ada banyak pilihan tempat wisata yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Misalnya saja wisata air terjun di Pangandaran, di mana air terjun di sana punya keunikan tersendiri sehingga menjadi daya tarik bagi pengunjung. Selain itu, ada pula wisata goa yang sangat eksotis dan penuh dengan nilai sejarahnya.

Pangandaran ini sendiri merupakan salah satu kabupaten yang ada di Jawa Barat. Tidak begitu luas, namun wilayah ini menyimpan banyak sekali potensi wisata yang menarik dan menakjubkan pastinya. Anda yang bingung ingin liburan kemana, Pangandaran bisa menjadi tujuan wisata terbaik bisa Anda kunjungi. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi tempat wisata di Pangandaran yang wajib untuk dimasukkan ke daftar kunjungan Anda saat datang ke Pangandaran.

Daftar Tempat Wisata di Pangandaran yang Wajib Dikunjungi

1. Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran menjadi salah satu objek wisata di Pangandaran yang paling populer dan menjadi favorit wisatawan. Tidak hanya menjadi kebanggaan masyarakat Pangandaran saja, pantai satu ini juga primadona di Jawa Barat. Hamparan pasir lautnya yang luas dan panjang, membuatnya sangat mirip seperti Pantai Kuta di Bali.

Pemandangan alam di pantai ini sangat menakjubkan, tidak heran banyak pengunjung dari luar kota bahkan turis asing yang datang ke sini. Yang unik dari Pantai Pangandaran adalah Anda bisa menyaksikan sunset dan sunrise sekaligus dengan sangat indahnya. Momen ini tentunya sangat langkah ditemukan di pantai mana pun.

2. Pantai Pananjung

Wisata pantai lain di Pangandaran yang juga tidak kalah menarik untuk dikunjungi yakni Pantai Pananjung. Masih berada di kawasan Cagar Alam Pananjung, Pantai Pananjung ini punya suguhan pemandangan yang sangat menakjubkan. Anda yang mencari wisata pantai yang masih sepi, pantai satu ini sangat cocok untuk dikunjungi. Memang tidak terlalu banyak wisatawan yang tahu akan adanya pantai ini.

Pemandangan alam di pantai ini sangat menakjubkan, adanya hamparan pasir putih agak kecoklatan serta ombak laut yang landai menjadi pelengkapnya. Tidak hanya itu, di sini Anda juga memungkinkan untuk menikmati alam bawah laut dengan biota laut yang masih sangat terjaga.

3. Curug Bojong

Ingin menikmati tempat wisata yang berbeda di Pangandaran? Kalau begitu Anda bisa mencoba berkunjung ke wisata curug atau air terjun bernama Curug Bojong ini. Berada di Desa Sukahurip, air terjun ini punya pemandangan alam yang sangat menakjubkan.

Air Terjun Bojong atau Curug Bojong memiliki tiga tingkatan yang bisa pengunjung nikmati. Setiap tingkatan punya keunikan tersendiri yang pastinya tidak boleh Anda lewatkan satu tingkat pun. Selain suasanya yang menenangkan, di tempat ini juga disediakan beberapa fasilitas pendukung, seperti musholla, rest area, camping ground, ruang ganti dan lain sebagainya.

4. Cukang Teunuh

Ingin menikmati wisata layakni Green Canyon yang populer di dunia itu? Sekarang Anda bisa datang ke tempat wisata unik bernama Cukang Teunuh. Wisata satu ini memang disebut-sebut sangat mirip dengan Green Canyon, tetapi dengan khas Indonesia. Anda bisa dengan puas bermain air dan berenang di sungai yang jernih dengan warna kehijauan.

Melompat dari tebing batu ke sungai adalah aktivitas seru yang wajib untuk Anda lakukan. Tidak hanya itu, pemandangan di Cukang Teunuh ini juga sangat menakjubkan yang membuat Anda semakin betah berada di sini.

5. Gua Sumur Mudal

Masih ada dalam satu kawasan dengan Pantai Pananjung, Gua Sumur Mudal ini juga ada dalam kawasan Cagar Alam Pananjung. Di sini Anda akan menyaksikan keindahan goa yang unik dan berbeda dari goa pada umumnya.

Anda bisa mencoba masuk ke dalam goa agar bisa menikmati semua keindahan luar biasa yang disuguhkannya. Di sana Anda akan melihat kemolekan stalakmit dan stalaktit yang tentunya sangat jarang ditemukan lokasi terbuka.

6. Pantai Madasari

Kali ini ada sebuah pantai yang diklaim masih sangat asri dan sepi pengunjung, yakni Pantai Madasari. Pantai satu ini berada di Desa Masawah, Kecamatan Cimerak yang juga wajib untuk Anda kunjungi. Dibandingkan dengan pantai lain di Pangandaran, Pantai Madasari ini bisa dibilang masih baru.

Pemandangan alam di pantai ini bisa dibilang berbeda dari pantai lain yang ada di Pangandaran. Di sisi pantai terdapat bebatuan karang yang unik senantiasa di terjang ombak laut yang ganas. Pemandangan seperti ini sangat pas untuk dijadikan latar belakang foto kekinian.

7. Pantai Batu Hiu

Satu lagi pantai indah yang ada di Pangandaran, yakni Pantai Batu Hiu. Pantai satu ini memiliki pemadangan alam yang unik dan beda dari pantai-pantai lainnya. Di sana terdapat tebing batu yang cukup besar dan di atasnya terdapat pepohonan hijau yang menjadi hiasannya.

Di bawahnya ada air laut yang jernih dengan ombaknya yang landai, semakin melengkapi keindahan dari pantai satu ini. Di sana juga terdapat sebuah penangkaran penyu laut yang pastinya tidak boleh untu Anda lewatkan untuk mengunjunginya. Dinamakan dengan Pantai Batu Hiu, karena di pantai ini terdapat tebing batu yang menjulang tinggi dan mirip seperti sirip ikan hiu.

8. Santirah River Tubing

Ingin mengunjungi tempat wisata ekstrim yang bisa memacu adrenalin? Coba deh berkunjung ke Santirah River Tubing ini. Terletak di Desa Selasari, Kecamatan Parigi, wisata tubing satu ini juga cukup favorit di Pangandaran. Di sini Anda bisa menikmati pemandangan alam yang indah sekaligus merasakan tantangan menyusuri sungai.

Keseruan body rafting di Sungai Tubing tentunya akan menjadi pengalaman seru tersendiri bagi Anda. Namun, sebaiknya Anda mengunjungi Santirah River Tubing ini di hari-hari kerja. Karena kalau di hari libur atau akhir pekan, tempat ini dikunjungi banyak wisatawan.

9. Curug Taringgul

Curug Taringgul juga menjadi salah satu tempat wisata di Pangandaran yang paling menarik untuk dikunjungi. Air terjun satu ini punya keunikan tersendiri dan berbeda dengan air terjun pada biasanya.

Di Curug Taringgul ini terdapat tebing batu karang hijau yang seolah memancarkan air layaknya tirai. Airnya sangat jernih, membuat tempat ini semakin indah dan menakjubkan. Mandi langsung di bawah air terjun akan memberikan kesegaran dan ketenangan tersendiri.

10. Taman Wisata Alam Cagar Alam Pananjung

Dan pilihan tempat wisata di Pangandaran paling populer yang terakhir adalah Taman Wisata Alam Cagar Alam Pananjung. Taman satu ini lokasinya berdampingan dengan pantai-pantai indah, tentunya wajib untuk Anda kunjungi.

Di taman hutan tersebut ada banyak hewan liar yang memungkinkan untuk Anda jumpai secara langsung. Mulai dari lutung, kalong, monyet ekor panjang, tando, rusa, banteng, landak, berbagai jenis buruh dan reptil dan masih banyak lagi yang lainnya.

Itulah tadi beberapa rekomendasi objek wisata di Pangandaran yang paling menarik dan populer yang wajib Anda kunjungi. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *