,

10 Tempat Wisata di Purwakarta Jawa Barat Paling Populer

by -25 views

Tempat Wisata di Purwakarta – Ingin mengunjungi tempat wisata alam dengan pemandangan indah dan menakjubkan? Jawa Barat bisa Anda jadikan tujuan wisata terbaik untuk menemukan keindahan dan ketenangan tersebut. Lebih tepatnya di Purwakarta yang memang menyimpan banyak sekali potensi wisata alam yang menakjubkan. Tidak heran, Purwakarta sering menjadi tujuan favorit bagi para pecinta wisata alam.

Tidak hanya wisata alam saja, di Purwakarta juga ada banyak jenis wisata lain yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Berkunjung ke sini bisa bersama siapa saja, baik itu pasangan, kaluarga ataupun bersama para sahabat. Tidak sabar ingin tahu apa saja wisata menarik di Purwakarta? Berikut ini beberapa rekomendasi tempat wisata di Purwakarta, Jawa Barat yang bisa Anda kunjungi.

Daftar Tempat Wisata di Purwakarta Jawa Barat Paling Populer

1. Desa Wisata Sajuta Batu

Anda yang ingin menghabiskan waktu liburan di Purwakarta, Desa Wisata Sajuta Batu ini wajib untuk dijadikan pilihan. Ada banyak sekali aktivitas seru yang bisa Anda lakukan di desa kecil nan indah ini. Pastinya berkunjung ke desa terebut tidak akan membuat Anda menyesal. Yang ada justru akan mendapatkan sebuah pengalaman yang tidak pernah terlupakan.

Ada banyak hal yang bisa Anda temukan di Desa Wisata Sajuta Batu ini. Mulai dari menyaksikan hamparan sawah hijau nan menawan, melakukan rock climbing di Gunung Bangkok dan Gunung Selasih, hingga mengunjungi situs Telapak Kaki Jonggrang Kalapitung.

2. Waduk Cirata dan Waduk Jatiluhur

Berkunjung ke Purwakarta, Anda wajib berkunjung ke waduk yang populuer ini. Ada dua waduk yang bisa Anda kunjungi, yakni Waduk Cirata dan Waduk Jatiluhur. Kedua waduk tersebut sama-sama memiliki keunikan yang pastinya jarang ditemukan di waduk lainnya.

Waduk Cirata sendiri merupakan waduk yang tertinggi di Indonesia. Sementara Waduk Jatiluhur merupakan salah satu waduk yang terbesar di Indonesia. Pemandangan di tempat ini sangat indah, Anda bisa menyaksikan hamparan bukit hijau yang mengelilinginya.

3. Situ Wanayasa

Bagi Anda yang suka mengunjungi wisata danau, Situ Wanayasa ini bisa dijadikan pilihan terbaik. Menenangkan diri sambil memandang jauh ke ujung danau merupakan langkah tepat untuk mengusir penat yang melanda. Ditambah lagi dengan pemandangan yang indah, membuat Anda betah berlama-lama di tempat ini.

Selain suasana tenang dan sejuk, di wisata danau ini Anda juga bisa mencoba menikmati kuliner lezat di tempat-tempat makan yang sudah disediakan. Menikmatinya bersama pasangan, pastinya suasana romantis akan mudah didapatkan.

4. Sumber Air Panas Ciracas

Tempat wisata di Purwakarta yang paling menarik berikutnya yakni Sumber Air Panas Ciracas. Di sini Anda tidak hanya bisa menikmati suana hangat dan dengan pemandangan indah, tetapi juga bisa berkesempatan merasakan kolam air panas yang menyegarkan.

Berendam di kolam dengan sumber air panas dipercaya dapat menghilangkan beban pikiran. Selain itu, air panas seperti ini juga bisa menghilangkan berbagai penyakit kulit. Menarik sekali bukan? Wisata air panas ini sendiri berada di Desa Ciracas, Kecamatan Kiara Pedes. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Situ Wanayasa tadi.

5. Wisata Via Ferrata

Ingin mengunjungi tempat wisata yang bisa memacu adrenalin? Kalau begitu Anda kunjungi saja Wisata Via Ferrata ini. Di sini Anda bisa melakukan aktivitas ekstrim yang pastinya akan sangat memacu adrenalin. Aktivitas ekstrim yang dimaksud tersebut yakni melewati tebing jurang menggunakan pegangan kawat baja yang membentang di sisi tebing.

Tebingnya cukup curam, dan Anda harus bisa berjalan melewati batu-batu sisi tebing hingga sampai di ujung. Meski demikian, wisata ekstrim ini sudah dilengkapi dengan fasilitas keamanan yang sangat baik.

6. Wisata Kampung Monyet

Sesuai dengan namanya, di tempat ini kamu akan menjumpai kawanan monyet yang menjadi hewan primata di lokasi wisata ini. Berlokasi di Desa Jatimekar Jatiluhur, di tempat ini ada banyak sekali kawanan monyet liar yang sedang berkeliaran. Anda juga bisa berinteraksi langsung dengan hewan unik tersebut.

Bukan hutan, ini merupakan perkampungan penduduk yang memang masyarakat di sana hidup berdampingan dengan kawanan monyet tersebut. Tidak perlu takut, karena monyet-monyet di sini sudah jinak dan tidak berbahaya sama sekali.

7. Gua Jepang Purwakarta

Bagi Anda yang suka sekali dengan wisata yang berbau sejarah, Gua Jepang Purwakarta ini wajib untuk dikunjungi. Merupakan gua yang sangat bersejarah, tempat ini menjadi wisata favorit bagi para pengunjung yang datang ke Purwakarta. Lokasi lebih tepatnya, Gua Jepang ini berada di Desa Pusakamulya Kiarapedes.

Untuk bisa sampai ke Goa Jepang tersebut, Anda masih harus melakukan perjalanan yang lumayan menguras tenaga. Namun, sepanjang perjalanan Anda akan disuguhkan pemandangan alam yang masih sangat asri. Jadi, perjalanan tidak akan membuat Anda merasa kelelahan sama sekali. Sampai di lokasi Goa Jepang Anda akan langsung merasakan kesan yang berbeda dengan kenangan sejarah yang cukup kuat.

8. Objek Wisata Giri Tirta Kahuripan

Berkunjung ke Purwakarta tetapi bingung mencari tempat penginapan yang tepat? Daripada bingung, kunjungi saja Objek Wisata Giri Tirta Kahuripan ini. Merupakan sebuah resort terkenal di Purwakarta, tempat ini memiliki suguhan keunikan yang pastinya berbeda dengan resort-resort lainnya.

Menginap di sini Anda memungkinkan untuk menyaksikan pemandangan alam indah dari ketinggian. Tersedia pula sebuah sky pool yang menghadap langsung bentang kota Purwakarta yang sangat menakjubkan. Berenang di kolam sambil menyaksikan keindahan alam dari atas ketinggan, pastinya akan membuat Anda betah berada di tempat ini.

9. Taman Air Mancur Sribaduga

Berkunjung ke Purwakarta Anda tidak hanya bisa menikmati keindahan dan keunikannya di siang hari saja. Mengunjungi Taman Air Mancur Sribaduga saat malam hari, mata Anda akan dimanjakan dengan keindahan dari air mancur yang menari-nari. Tidak tanggung-tanggung, Taman Air Mancur Sribaduga ini sendiri menjadi yang terbesar di Asia Tenggara.

Di sini Anda bisa menyaksikan pertunjukan air mancur yang sangat unik dan indah pastinya. Di lengkapi dengan sinar laser yang seakan membuat air mancur menari dengan indahnya. Suasana romantis juga bakal tercipta dengan mudah jika Anda mengunjungi lokasi ini bersama pasangan.

10.  Air Terjun Curug Cipurut

Dan tempat wisata di Purwakarta yang paling menarik terakhir yakni Air Terjun Curug Cipurut. Air terjun yang ada di Desa Sumurugul, Wanayasa ini punya pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Dibalit pula dengan suasana yang sejuk, semakin melengkapi keasrian di lokasi ini.

Untuk bisa menikmati keindahan air terjun, Anda masih harus berjalan kaki terlebih dahulu. Sepanjang perjalanan Anda akan disuguhi dengan pemandangan kebun teh yang menawan. Membuat rasa lelah selama perjalanan tidak akan terasa.

Itulah tadi beberapa rekomendasi tempat wisata di Purwakarta, Jawa Barat yang paling populer dan wajib untuk Anda kunjungi. Siap untuk pergi berlibur?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *