,

Jenis-Jenis Tanaman Anthurium

by -153 views
Anthurium Ferrierense
Anthurium Ferrierense

Berita Jambi – Anthurium hanyalah satu dari sekian banyak tanaman hias yang tumbuh di Indonesia. Kamu bisa menemukan Anthurium dalam beberapa jenis berbeda. Jika kamu tertarik mempelajari mengenai Anthurium, artikel ini akan membantumu mengenali jenis-jenis tanaman Anthurium.

Mengenal berbagai jenis tanaman Anthurium

Di Indonesia sendiri jenis-jenis tanaman Anthurium sangatlah beragam. Tanaman ini bahkan sempat viral dan memiliki harga yang sangat fantastis. Hingga saat ini tanaman Anthurium juga tetap menjadi pilihan menarik untuk mempercantik rumah.

Anthurium Crystallinum

Jenis yang satu ini cukup sering ditemui di Indonesia. Tanaman jenis ini sering dikenal juga dengan kupig gajah karena bentuk daunnya. Warna daunnya hijau tua yang diselingi dengan urat daun berwarna putih. Jenis ini juga bisa tumbuh hingga tingginya mencapai 80 cm.

Anthurium Ferrierense

Anthurium Ferrierense
Anthurium Ferrierense

Jenis satu ini memiliki daun polos berwarna hijau dan tampak sederhana. Pada jenis ini juga memiliki bunga simpel berwarna merah. Tanaman ini memiliki tinggi yang bisa mencapai 70 cm. Dengan kombinasi tersebut, bunga ini akan terlihat simpel, namun tetap elegan.

Anthurium Hookeri

Jenis yang satu ini pernah viral dan menjadi primadona di Indonesia. Tanaman ini memiliki daun berwarna hijau tua yang cerah. Bentuk daunnya cenderung besar dan terlihat seperti sebuah sarang burung. Selain itu, jenis ini juga memiliki buah berwarna putih.

Anthurium Keris

Seperti namanya, Anthurium Keris memiliki bentuk seperti sebuah keris. Keris sendiri merupakan sebuah senjata Jawa yang terlihat panjang dan berliuk-liuk. Bentuk daun ini terlihat mirip dengan keris dengan warna hijau tua dan memiliki bunga berwarna pink.

Anthurium Macrolobium

Jenis ini memiliki daun berwarna hijau tua berbentuk hati yang runcing dan terlihat cekung. Selain itu, bentuk batang dari jenis ini adalah segi enam. Tinggi dari jenis ini bisa mencapai ukuran hingga 1 meter. Cukup menarik, namun kurang booming di Indonesia.

Anthurium Magnificum

Jenis yang satu ini memang memiliki bentuk seperti daun keladi. Tanaman ini memiliki ciri khas daun berwarna hijau membulat. Ciri lain yang bisa dilihat adalah jari-jari tanaman yang berbentuk menjari berwarna hijau muda keputihan. Tingginya sendiri bisa mencapai 70 cm.

Anthurium Obovatum

Tanaman yang satu ini merupakan salah satu jenis Anthurium yang berasal dari Ecuador. Jenis ini tumbuh di negara dengan iklam tropis dan sub tropis. Sayangnya tanaman ini tergolong langka karena habitatnya yang terancam dan tidak dibudidayakan secara masal.

Anthurium Regale

Tanaman ini memiliki bentuk yang cenderung membulat dengan warna daun hijau tua. Jenis ini berasal dari Peru dengan tinggi hingga 1 meter. Selain itu. pada bagian daun juga bisa terlihat urat daun yang berwarna putih dan membuatnya semakin menarik untuk dipandang.

Anthurium Robustum

Bentuk dari jenis yang satu ini hampir menyerupai Anthurium Magnificum. Perbedaan yang paling jelas terlihat adalah pada bentuk daunnya. Bentuknya cenderung bulat meruncing di semua sisi dan memiliki bunga berwarna hijau kecokelatan.

Anthurium Superbum

Anthurium-Superbum
Anthurium-Superbum

Tanaman ini berasal dari Amerika Latin dan ketersediaannya tidak terlalu banyak. Daun dari jenis ini terlihat lebat dengan warna hijau tua yang khas. Jenis Anthurium yang satu ini juga tergolong mahal karena di Indonesia sendiri cukup banyak peminat setianya.

Demikianlah artikel singkat mengenai jenis-jenis tanaman Anthurium. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu yang sedang mempelajari tanaman Anthurium ini. Selamat belajar!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *