,

Jenis-Jenis Tanaman Sukulen

by -43 views

Sukulen merupakan tanaman hias yang unik dengan bentuk yang mungil. Tanaman ini cocok dijadikan hiasan di meja karena mungil dan tidak terlalu membutuhkan air. Untuk lebih jelasnya, artikel ini akan membahas mengenai jenis-jenis tanaman Sukulen.

Mengenal berbagai jenis tanaman Sukulen

Hingga saat ini, sudah banyak jenis-jenis tanaman Sukulen yang bisa dibeli dengan mudah. Sukulen sendiri mirip dengan kaktus, namun sebenarnya terdapat perbedaan antara keduanya. Tanaman ini terlihat unik karena memiliki ukuran kecil dan bentuk yang bervariasi.

Aloe Vera

Aloe Vera di Indonesia dikenal juga dengan nama Lidah Buaya. Tanaman ini memiliki ciri khas pada batangnya yang panjang dan runcing. Pada bagian tepi terdapat semacam duri tipis yang tidak terlalu tajam. Tanaman ini memiliki banyak khasiat salah satunya ialah penyubur rambut.

Bunga 8 Dewa

Tanaman ini dikenal juga dengan nama Euphorbia Mili. Ciri khas dari tanaman ini adalah memiliki duri pada bagian batang dan memiliki bunga yang berwarna cerah dan sedikit tebal. Tanaman ini juga cukup mudah dirawat dan tidak membutuhkan perawatan khusus.

Donkey Tail

Tanaman ini umumnya menjadi tanaman gantung dan mampu menjalar hingga ke bawah tanah. Secara sekilas, tanaman ini juga terlihat seperti sebuah anggur yang menggantung. Beberapa orang juga menyebutnya seperti ekor keledai yang sedang dikepang.

Jade

Secara sekilas, tanaman ini juga memiliki bentuk mirip dengan Donkey Tail. Namun, tanaman ini justru tidak merambat dan nampak seperti sebuah Bonsai. Untuk merawat tanaman ini sedikit tricky. Pasalnya, tanaman ini tidak membutuhkan banyak air dan harus ada di tanah yang kering.

Kaktus Bola Emas

Tanaman kaktus memang menjadi pilihan tanaman sukulen yang menarik. Kaktus Bola Emas menjadi salah satu jenis kaktus yang cantik ketika diletakan di pot kecil. Tanaman ini memiliki batang bulat dan duri-duri kecil yang berwarna emas sehingga dinamakan kaktus bola emas.

Lidah Mertua

Tanaman ini sangat jauh berbeda dengan lidah buaya. Untuk perawatannya sendiri juga cukup mudah dan bisa diletakkan di dalam ruangan yang gelap. Selain itu, tanaman ini juga bisa menjernihkan udara di dalam ruangan.

Nolina

Pada dasarnya tanaman ini termasuk tanaman yang tidak terlalu membutuhkan air. Pasalnya, tanaman ini harus hidup di tanah yang benar-benar kering seperti kaktus. Ciri khas tanaman ini adalah pada daunnya yang penjang seperti daun pohon palem.

Panda

Tanaman ini merupakan jenis sukulen yang memiliki batang tebal dan memiliki perawatan seperti layaknya tanaman kaktus. Sukulen Panda ini memiliki bulu-bulu halus di bagian batangnya dengan warna hijau menggemaskan dan sedikit aksen cokelat hitam.

Roseum

Tanaman ini memiliki batang yang mirip seperti Sukulen Panda. Perbedaan yang paling mencolok adalah pada bentuknya yang menyerupai sebuah Mawar. Warna dari tanaman ini adalah hijau muda yang nampak segar seperti tanaman Kaktus.

Zebra

Sesuai dengan namanya, tanaman ini memiliki motif belang seperti Zebra. Ciri khasnya adalah pada daunnya yang berwarna hijau tua dengan sedikit aksen putih. Daunnya sendiri cukup tebal dan tegak berdiri dengan ujungnya runcing.

Demikianlah artikel singkat, padat, dan jelas mengenai jenis-jenis tanaman sukulen. Semoga artikel ini bisa membantu kamu untuk mempelajari jenis tanaman sukulen yang ada di dunia ini. Jika kamu tertarik, cobalah untuk menanam salah satunya di rumah. Selamat belajar!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *