5 Tips Membuat Usaha Kopi Sukses

by -30 views
5 Tips Membuka Usaha Kopi Sukses
5 Tips Membuka Usaha Kopi Sukses

Bisnis kopi pertumbuhannya di Indonesia cukup signifikan, dalam tiga tahun terakhir baik dari segi konsumsi kopi maupun jumlah coffee shop yang muncul.

Meningkatnya tingkat konsumsi kopi juga tidak terlepas dari gaya hidup masyarakat urban yang gemar berkumpul. Dari dua faktor tersebut, bisa dibilang prospek bisnis kopi di masa mendatang masih sangat menjanjikan. Persaingan ketat pun membuat bisnis kita semakin tidak mudah.

Nah, sudah siap belum membangun bisnis kopimu?

1. Riset

Sekarang kita berada pada era Third Wave Coffee, pada era ini konsumen tidak hanya ingin sekadar minum tetapi ingin merasakan pengalaman menyeruput kopi seperti mencium aroma seduhan, tau siapa roasternya, seperti apa biji kopinya, dan lainnya.

Dengan ketatnya persaingan, tidak boleh asal-asalan membangun bisnis kopi lho. Riset merupakan hal yang penting, dengan riset kamu bisa tau siapa target konsumen, bagaimana taste unik yang diinginkan, berapa harga jual kopi yang tepat untuk konsumen,dan lainnya. Teruslah belajar, ketahuilah siapa pionir pebisnis kopi atau selalu update dengan tren masa kini.

2. Know Your Audience

Know your audience memang bagian dari riset, tetapi ada baiknya kita sendiri sudah memiliki gambaran jelas seperti apa sih konsumen yang ingin kita tuju? Apakah seorang profesional? Apa sih yang dilakukan profesional di Coffee Shop? Meetingkah? Bahkan mungkin saja bekerja di coffee shop sudah seperti rumah kedua bagi sang profesional. Ingat! Beda target market beda juga behaviournya yang bisa memengaruhi konsep bisnismu!

3. Konsep 

Pastikan konsep bisnis kopi yang akan dibangun merupakan konsep yang matang, tau kemana arah, dan konsep yang jelas tentunya sesuai dengan target konsumen. Buat Business Model Canvas sejelas mungkin, ya!

Sebagai contoh Gordi sendiri memanfaatkan niche market. Metode subscription yang dijalankan Gordi memiliki tujuan ingin menciptakan keberagaman kopi, sehingga konsumen bisa merasakan tiap jenis beans yang berbeda. Dalam 2 tahun saja sudah 100 jenis beans berbeda yang dirasakan konsumen tanpa ada pengiriman beans yang sama pada tiap konsumen. Keren sekali bukan?

4. Hospitality Mindset

Ini sangat penting! Tanamkan Hospitality Mindset ketika mambangun bisnis kopi. Bisnis kopi termasuk ke dalam Food and Beverage Indsustry yang mana merupakan bagian Hospitality Industry. Bisnis ini merupakan kombinasi antara produk dan jasa, fokus utama merupakan konsumen yang harus dilayani. Produk pun harus tetap berkualitas. You have to serve people. Dengan ambience dan barista nyaman, membuat konsumen betah karena merasa diperhatikan.

5. Data

Mengembangkan sebuah bisnis, penggunaan data sangat penting dilakukan. Sebab dari data, kita jadi tau apa sih langkah yang harus dilakukan? Misalnya kita ingin mengetahui traffic, Pada pukul berapa sih konsumen paling rame datang ke coffee shop? Kita dapat melihat data transaksi paling banyak pada pukul berapa.

Selain itu, mungkin kita ingin tau menu apa sih yang harus dikembangkan? Atau menu apa yang paling laku di bisnis kopi kita? Umumnya pada coffee shop 3 menu produk terpopuler adalah kopi susu, late. Kenapa ya? Karena memang paling banyak peminat, sering dipesan, dan terlepas umur pembeli.

Itu dia 5 tips untuk membangun bisnis kopi yang sukses. Selalu belajar dan jangan takut mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.