,

Modal bisnis cafe

by -19 views

Cafe sendiri adalah sebuah tempat yang menyediakan berbagai macam minuman atau makanan yang siap saji yang didesain sedemikian rupa untuk tempat berkumpul sekedar menikmati minuman dengan nuansa yang nyaman dan menarik.

Banyak kalangan muda yang nongkrong di tempat ini, bukan hanya tempat ngumpul dan nongkrong, sekarang fungsi cafe lebih dari itu. Berbagai fasilitas yang tersedia banyak macamnya, seperti tempat untuk meeting, prewedding dan fungsi lainnya.

Menganalisa bisnis sebuah cafe

Berapa sih biaya modal bisnis café yang dikeluarkan jika kita mau memulai bisnis ini?

Mulai dari modal awal dan cara membangun bisnis ini agar bisa berjalan dengan baik?

Persiapan yang matang serta belajar bagaimana cara mengelola cafe adalah cara yang paling utama jika kita akan membangun bisnis ini. Sebab tanpa pengetahuan yang matang, peluang untuk gagal pun akan besar. Tentunya kita tidak mau hal itu terjadi bukan?

Tips Memulai Bisnis Cafe

Berikut beberapa tips yang bisa diterapkan serta modal yang dibutuhkan untuk mebangun bisnis cafe.

Persiapan

Tentu ini menjadi langkah pertama yang harus dilakukan, langkah persiapan tempat dan anggaran belanja yang dibutuhkan. Carilah informasi kepada teman atau yang sudah berpengalaman yang mengerti tentang bagaimana langkah awal serta berbagai kebutuhan yang diperlukan.

Langkah ini penting agar nantinya bisa menentukan sebuah gambaran seperti apa cafe yang akan kita buat. Siapkanlah dengan matang dan terus mencari informasi yang akurat tentang cara mengelola bisnis ini.

Menentukan lokasi

Langkah berikutnya adalah menentukan sebuah lokasi yang tepat dan bagus. Sebagai referensi pilihlah lokasi yang terdapat  tempat umum seperti dekat taman, wisata, perkantoran, stasiun,terminal dan tempat umum yang lain.

Jangan asal pilih lokasi karena jika memilih di tempat yang ramai akan sangat memungkinkan banyak orang mampir ke cafe kita.

Tentukan target

Langkah yang ketiga adalah menentukan target kepada siapa sasaran orang yang dituju supaya berminat berkunjung di cafe kita. Buatlah konsep ala anak muda contohnya atau konsep seperti taman untuk bersantai dengan fasilitas bermain untuk keluarga.

Atau bisa survey di media sosial bagaimana konsep cafe yang banyak diminati oleh masyarakat. Sering-seringlah cari informasi tentang kebutuhan dan keinginan apa yang diharapkan kebanyakan orang, hal ini bertujuan supaya cafe kita banyak diminati orang.

Menu cafe

Tentukan menu yang akan kita sajikan dan tawarkan, usahakan menu yang kita sajikan lengkap dan enak. Ini menjadi seperti sebuah identitas dari cafe itu sendiri. Jadi buatlah menu yang sesuai dengan minat kebanyakan masyarakat dan harga yang terjangkau.

Sebagai teman minum kopi menu yang cocok seperti roti bakar, cake, pisang goreng, cemilan-cemilan, dan menu favorit cafe kita. Sediakan juga menu makan berat seperti nasi goreng, mie goreng, burger, spaghetti, bakmi, ayam bakar/goreng dll.

Fasilitas pendukung

Ini bertujuan untuk menambah kenyamanan para pengunjung, seperti toilet umum, mushola, tempat untuk mencharger hp/laptop. Berikan pelayanan ekstra seperti pelayanan yang cepat, dan sajikan alunan musik secara live untuk karaoke dan request lagu sebagai penambah suasana yang menyenangkan.

Itulah beberapa tips yang bisa kita terapkan untuk memulai bisnis cafe.

Selanjutnya menganalisa modal yang dibutuhkan dan berapa keuntungan yang bisa didapatkan.

Analisa modal dan keuntungan Bisnis Cafe

  • Sewa tempat /tahun Rp,5.000.000
  • Bahan-bahan baku Rp,7.000.000
  • Property/furniture dan interior Rp,10.000.000
  • Operasional Rp,3.000.0000
  • Listrik/bulan Rp,300.000
  • Karyawan /orang Rp,1.500.000 x 5 orang = Rp,7.500.0000
  • Biaya lain-lain Rp,2.000.0000
  • Total Rp,37.500.000

Jika dihitung dalam sehari kita buka cafe dan mendapatkan pemasukan rata-rata sebesar Rp,1.500.0000 secara bersih, maka perhitungannya Rp,1.500.000 x 30 hari = Rp,45.000.000-biaya operasional semuanya Rp,37.500.000 = Rp,7.500.000/bulan

Demikianlah analisa dari membuka bisnis sebuah cafe. Semoga bermanfaat dan tetap selalu mencari informasi yang dibutuhkan serta teruslah belajar kepada orang yang tepat mengenai ilmu bagaimana cara mengelola cafe yang benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *